Kisah Nabi Luth AS dan Azab Allah SWT Kepada Kaum Sodom (Homoseksual)



Nabi Luth AS adalah nabi yang diutus untuk berdakwah di negeri Sadum, Syam, Palestina. Beliau merupakan anak keponakan dari Nabi Ibrahim AS dan menjadi orang pertama yang beriman kepada Nabi Ibrahim AS.

Nabi Luth AS diutus oleh Allah SWT untuk memperbaiki iman dan akhlak Kaum Sadum, yang juga dikenal sebagai Kaum Sodom. Kaum tersebut terkenal karena iman dan akhlak yang rusak, karena mereka telah terjerumus dalam maksiat dan kemungkaran yang merajalela dalam kehidupan sehari-hari mereka.


Kisah Kaum Sodom  

Kaum Sodom digambarkan memiliki sikap kasar dan kurang sopan santun. Mereka terkenal karena perilaku keji, gemar merampok, menindas yang lemah, dan melakukan kemungkaran di mana pun mereka berada.

Kaum Sodom terkenal karena melakukan perbuatan yang sangat kotor dan belum pernah terjadi sebelumnya di bumi, yaitu saling menyukai sesama jenis. Allah SWT sangat membenci perbuatan ini dan melarang umat-Nya untuk memiliki kecenderungan semacam itu.

Allah SWT Dalam firmannya pada Al-Qur'an, surat Al Anbiya ayat 74-75, Allah SWT menyatakan bahwa semua penduduk negeri Sodom terlibat dalam perbuatan keji, kecuali orang-orang yang tinggal di rumah Nabi Luth AS.

وَلُوۡطًا اٰتَيۡنٰهُ حُكۡمًا وَّعِلۡمًا وَّنَجَّيۡنٰهُ مِنَ الۡقَرۡيَةِ الَّتِىۡ كَانَتۡ تَّعۡمَلُ الۡخَبٰٓٮِٕثَ‌ؕ اِنَّهُمۡ كَانُوۡا قَوۡمَ سَوۡءٍ فٰسِقِيۡنَۙ وَاَدۡخَلۡنٰهُ فِىۡ رَحۡمَتِنَا‌ ؕ اِنَّهٗ مِنَ الصّٰلِحِيۡنَ


Artinya:"Kepada Luth, Kami berikan hikmah dan ilmu, dan Kami selamatkan dia dari (azab yang telah menimpa penduduk) kota yang melakukan perbuatan keji. Sungguh, mereka orang-orang yang jahat lagi fasik. Dan Kami masukkan dia ke dalam rahmat Kami; sesungguhnya dia termasuk golongan orang yang shalih."(QS Al-Anbiyaa': 74-75).

Kota Sadum merupakan tempat di mana banyak pendatang menjadi korban perbuatan buruk penduduk setempat. Mereka yang berani melawan, seringkali menghadapi risiko pembunuhan. Jika pendatang tersebut adalah pria tampan, ia menjadi objek rebutan di antara penduduk pria, begitu pula sebaliknya dengan kaum perempuan.


Dakwah Nabi Luth kepada Kaum Sodom 

Nabi Luth (AS) sabar membimbing kaumnya, tetapi mereka tidak mau mendengar. Kaum Sodom mengancam dan melakukan kejahatan padanya, bahkan berniat mengusirnya dari kota.

Hal ini sebagaimana yang dikisahkan dalam Al-Qur'an surat Asy-Syu'ara ayat 160-167: 

كَذَّبَتْ قَوْمُ لُوْطِ ِۨالْمُرْسَلِيْنَ ۖ اِذْ قَالَ لَهُمْ اَخُوْهُمْ لُوْطٌ اَلَا تَتَّقُوْنَ ۚ اِنِّيْ لَكُمْ رَسُوْلٌ اَمِيْنٌ ۙ فَاتَّقُوا اللّٰهَ وَاَطِيْعُوْنِ ۚ وَمَآ اَسْـَٔلُكُمْ عَلَيْهِ مِنْ اَجْرٍ اِنْ اَجْرِيَ اِلَّا عَلٰى رَبِّ الْعٰلَمِيْنَ ۗ اَتَأْتُوْنَ الذُّكْرَانَ مِنَ الْعٰلَمِيْنَ ۙ وَتَذَرُوْنَ مَا خَلَقَ لَكُمْ رَبُّكُمْ مِّنْ اَزْوَاجِكُمْۗ بَلْ اَنْتُمْ قَوْمٌ عَادُوْنَ قَالُوْا لَىِٕنْ لَّمْ تَنْتَهِ يٰلُوْطُ لَتَكُوْنَنَّ مِنَ الْمُخْرَجِيْنَ


Artinya: "Kaum Luth telah mendustakan para rasul. Ketika saudara mereka, Luth, berkata kepada mereka, "Mengapa kamu tidak bertakwa? Sesungguhnya aku adalah seorang rasul terpercaya (yang diutus) kepadamu. Maka, bertakwalah kepada Allah dan taatlah kepadaku. Aku tidak meminta imbalan kepadamu atas (ajakan) itu. imbalanku tidak lain hanyalah dari tuhan semesta alam. Mengapa kamu mendatangi jenis laki-laki di antara manusia (berbuat homoseks)? Sementara itu, kamu tinggalkan (perempuan) yang diciptakan Tuhan untuk menjadi istri-istrimu? Kamu (memang) kaum yang melampaui batas." Mereka menjawab, "Wahai Luth, jika tidak berhenti (melarang kami), niscaya engkau benar-benar akan termasuk orang-orang yang diusir." (Asy-Syu'ara: 160-167).

Nabi Luth (AS) berdoa kepada Allah agar kaumnya dihukum atas perbuatan buruk mereka. Allah mengirim malaikat sebagai tamu yang menyamar sebagai pemuda tampan. Kaum Sodom mendatangi rumah Nabi Luth dan meminta agar para pemuda tampan diserahkan kepada mereka.

Para malaikat itu kemudian mengungkapkan identitas mereka dan memberitahu bahwa Allah SWT akan segera menghukum kaum Sodom pada waktu subuh. Nabi Luth (AS) dan pengikutnya diperintahkan untuk meninggalkan Kota Sodom pada malam hari. Mereka dilarang untuk menoleh ke belakang agar tidak melihat azab yang akan terjadi.

Kisah kedatangan para malaikat ini digambarkan dalam Al-Qur'an surat Hud ayat 77-81 sebagai berikut: 

وَلَمَّا جَاۤءَتْ رُسُلُنَا لُوْطًا سِيْۤءَ بِهِمْ وَضَاقَ بِهِمْ ذَرْعًا وَّقَالَ هٰذَا يَوْمٌ عَصِيْبٌ وَجَاۤءَهٗ قَوْمُهٗ يُهْرَعُوْنَ اِلَيْهِۗ وَمِنْ قَبْلُ كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ السَّيِّاٰتِۗ قَالَ يٰقَوْمِ هٰٓؤُلَاۤءِ بَنَاتِيْ هُنَّ اَطْهَرُ لَكُمْ فَاتَّقُوا اللّٰهَ وَلَا تُخْزُوْنِ فِيْ ضَيْفِيْۗ اَلَيْسَ مِنْكُمْ رَجُلٌ رَّشِيْدٌ قَالُوْا لَقَدْ عَلِمْتَ مَا لَنَا فِيْ بَنٰتِكَ مِنْ حَقٍّۚ وَاِنَّكَ لَتَعْلَمُ مَا نُرِيْدُ قَالَ لَوْ اَنَّ لِيْ بِكُمْ قُوَّةً اَوْ اٰوِيْٓ اِلٰى رُكْنٍ شَدِيْدٍ قَالُوْا يٰلُوْطُ اِنَّا رُسُلُ رَبِّكَ لَنْ يَّصِلُوْٓا اِلَيْكَ فَاَسْرِ بِاَهْلِكَ بِقِطْعٍ مِّنَ الَّيْلِ وَلَا يَلْتَفِتْ مِنْكُمْ اَحَدٌ اِلَّا امْرَاَتَكَۗ اِنَّهٗ مُصِيْبُهَا مَآ اَصَابَهُمْ ۗاِنَّ مَوْعِدَهُمُ الصُّبْحُ ۗ اَلَيْسَ الصُّبْحُ بِقَرِيْبٍ


Artinya: "Ketika para utusan Kami (malaikat) datang kepada Luth, dia merasa gundah dan dadanya terasa sempit karena (kedatangan) mereka. Luth berkata, "Ini hari yang sangat sulit." Kaumnya bergegas datang menemuinya. Sejak dahulu mereka selalu melakukan perbuatan-perbuatan keji. Luth berkata, "Wahai kaumku, inilah putri-putri (negeri)-ku. Mereka lebih suci bagimu (untuk dinikahi). Maka, bertakwalah kepada Allah dan janganlah kamu mencemarkan (nama)-ku di hadapan tamuku ini. Tidak adakah di antaramu orang yang berakal sehat?" Mereka menjawab, "Sungguh, engkau pasti tahu bahwa kami tidak mempunyai keinginan (syahwat) terhadap putri-putrimu dan engkau tentu mengetahui apa yang (sebenarnya) kami inginkan." Dia (Luth) berkata, "Sekiranya aku mempunyai kekuatan untuk menghalangi (perbuatan)-mu atau aku dapat berlindung kepada kerabat yang kuat (tentu aku lakukan)." Mereka (para malaikat) berkata, "Wahai Lut, sesungguhnya kami adalah para utusan Tuhanmu. Mereka tidak akan dapat mengganggumu (karena mereka akan dibinasakan). Oleh karena itu, pergilah beserta keluargamu pada sebagian malam (dini hari) dan jangan ada seorang pun di antara kamu yang menoleh ke belakang, kecuali istrimu (janganlah kamu ajak pergi karena telah berkhianat). Sesungguhnya dia akan terkena (siksaan) yang menimpa mereka dan sesungguhnya saat (kehancuran) mereka terjadi pada waktu subuh. Bukankah subuh itu sudah dekat?" (QS Hud: 77-81). 


Azab Allah SWT kepada Kaum Sodom 

Pada waktu subuh, Allah SWT menghukum kaum Sodom dengan azab yang dahsyat, yakni longsor dan hujan batu di negeri Sodom. Batu-batu besar jatuh menimpa kaum Sodom secara beruntun, sehingga mereka binasa dalam kehancuran tersebut.

Kisah diturunkannya azab kepada Kaum Sodom disebutkan dalam firman Allah SWT pada surat Al-Qamar ayat 33-39:

كَذَّبَتْ قَوْمُ لُوْطٍ ۢبِالنُّذُرِ اِنَّآ اَرْسَلْنَا عَلَيْهِمْ حَاصِبًا اِلَّآ اٰلَ لُوْطٍ ۗنَجَّيْنٰهُمْ بِسَحَرٍۙ نِّعْمَةً مِّنْ عِنْدِنَاۗ كَذٰلِكَ نَجْزِيْ مَنْ شَكَرَ وَلَقَدْ اَنْذَرَهُمْ بَطْشَتَنَا فَتَمَارَوْا بِالنُّذُرِ وَلَقَدْ رَاوَدُوْهُ عَنْ ضَيْفِهٖ فَطَمَسْنَآ اَعْيُنَهُمْ فَذُوْقُوْا عَذَابِيْ وَنُذُرِ وَلَقَدْ صَبَّحَهُمْ بُكْرَةً عَذَابٌ مُّسْتَقِرٌّۚ فَذُوْقُوْا عَذَابِيْ وَنُذُرِ


Artinya: "Kaum Luth pun telah mendustakan ancaman-ancaman (nabinya). Sesungguhnya, Kami telah menghembuskan kepada mereka angin yang membawa batu-batu (yang menimpa mereka), kecuali keluarga Luth. Kami selamatkan sebelum fajar menyingsing. Sebagai nikmat dari kami. Demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur. Dan, sesungguhnya dia (Luth) telah memperingatkan mereka akan azab-azab Kami. Maka, mereka mendustakan ancaman-ancaman itu. Dan, sesungguhnya mereka telah membujuknya (agar menyerahkan) tamunya (kepada mereka), lalu Kami butakan mata mereka. Maka, rasakanlah azab-Ku dan ancaman-ancaman-Ku. Dan, sesungguhnya pada esok harinya, mereka ditimpa azab yang kekal. Maka, rasakanlah azab-Ku dan ancaman-ancaman-Ku." (QS Al-Qamar: 33-39). 

Itulah kisah Nabi Luth (AS) dan kaumnya di Negeri Sodom yang dihukum oleh Allah SWT karena melakukan perbuatan yang melanggar ketentuan-Nya. Melalui kisah ini, semoga umat Muslim dapat mengambil pelajaran dan hikmah, serta menjauhi perbuatan yang dilarang oleh Allah SWT.

Wallahu A'lam...

Post a Comment

Previous Post Next Post