Manusia Yang Disesatkan Allah



Manusia dibekali oleh Allah Swt dengan 2 hal yaitu “akal dan nafsu”, jika seseorang lebih mengedepankan akalnya maka ia akan lebih mulia dari para malaikat, namun sebaliknya jika seseorang mengedepankan nafsunya dari pada akalnya maka ia akan lebih hina dari binatang.

Mengikuti hawa nafsu akan menyebabkan kita jauh dari Allah, Termasuk bahaya mengikuti hawa nafsu seperti didalam Al-Qur’an Allâh Azza wa Jalla berfirman:

فَإِنْ لَمْ يَسْتَجِيبُوا لَكَ فَاعْلَمْ أَنَّمَا يَتَّبِعُونَ أَهْوَاءَهُمْ ۚ وَمَنْ أَضَلُّ مِمَّنِ اتَّبَعَ هَوَاهُ بِغَيْرِ هُدًى مِنَ اللَّهِ ۚ إِنَّ اللَّهَ لَا يَهْدِي الْقَوْمَ الظَّالِمِينَ

Artinya: Maka jika mereka tidak menjawab (tantanganmu) ketahuilah bahwa sesungguhnya mereka hanyalah mengikuti hawa nafsu mereka (belaka). Dan siapakah yang lebih sesat daripada orang yang mengikuti hawa nafsunya dengan tidak mendapat petunjuk dari Allâh sedikitpun. Sesungguhnya Allâh tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zhalim. [Al-Qashshash/28: 50]

Dan jika seseorang menahan hawa nafsunya maka ia akan mendapatkan imbalan yang mulia yakni Syurganya Allah Swt, sebagaiama dalam Allâh Azza wa Jalla berfirman:

 

وَأَمَّا مَنْ خَافَ مَقَامَ رَبِّهِ وَنَهَى النَّفْسَ عَنِ الْهَوَىٰ ﴿٤٠﴾ فَإِنَّ الْجَنَّةَ هِيَ الْمَأْوَىٰ

Artinya: “Dan adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya, maka sesungguhnya syurgalah tempat tinggal(nya).” [An-Nazi’at/79: 40-41]

Diakhirat kelak ada 7 golongon yang akan mendapatkan naungan allah dimana tidak ada naungan selain naungan Allah yang diantaranya adalah orang yang menahan hawa nafsunya:

رَجُلٌ دَعَتْهُ امْرَأَةٌ ذَاتُ مَنْصِبٍ وَجَمَالٍ ، فَقَالَ : إِنِّيْ أَخَافُ اللهَ

Lelaki yang digoda oleh satu perempuan yang cantik dan kaya untuk berzina untuk perempuan itu, perempuan itu cantik dan kaya, duduk dengan perempuan itu, Cuma mereka berdua saja dan perempuan itu mengajak lelaki itu untuk berzina, maka lelaki itu menolaknya dan berkata: Inni Akhafullah (sesungguhnya aku takut kepada Allah).

Maka lelaki yang seperti ini akan dinaungi oleh Allah di padang mahsyar nanti. Semoga kita bisa menahan hawa nafsu dalam diri kita dan mendapatkan ridha Allah Allah Swt.


Post a Comment

Previous Post Next Post