SOPAN SANTUN MENGATUR LINI KEHIDUPAN

 






sopan santun sangat diperlukan dalam berkehidupan sehari-hari bahkan disosial media sangat perlu pada yang namanya sopan santun. Kalau menggunkan media social untuk berdagang itu menjadi dimaklumi kalau tiap hari upadate barang dagangan. Jadi media social ini dengan mudah bisa menjadi amal jariah dan juga bisa berpotensi untuk menjadikan kita tergelincir kepada hal-hal yang tidak baik.


Sopan santun ketika bertemu orang, ketika berkumpul, ketika berdebat sampai kepada semua lini kehidupan kita itu oleh agama diatur dengan yang namanya adab atau sopan santun.


Batasannya adalah hati nuarani. Karena tidak mungkin Rasulullah SAW akan mencontohkan satu-persatu teknik kehidupan.


Hati nurani kita itu tidak bisa dibohongi. Kalau hal itu baik, maka hati nurani kitapun akan mengatakan baik, tapi kalu hati kita mengatakan ini tidak baik, maka jangan dilaksanakan.


Artinya, adab itu harus dilakukan oleh semua orang. baik di profesi manapun baik itu di dunia nyata maupun di dunia maya. Terutama bagi kita yang memiliki kekuasaan dan memiliki kewenangan. Misalkan dalam tataran kecil “Kepala Sekolah” sampai kepada tataran-tatran tinggi yaitu “Presiden”. Oleh karnanya para politisi juga harus memilki sopan santun dan jangan sampai gelap mata. Banyak di antara koruptor-koruptor yang ditangkap oleh KPK awalnya mereka kan tidak memiliki sopan santun. Wallaahu A’lam.

 





Post a Comment

Previous Post Next Post