Taubat dari Dosa Zina

 


Zina merupakan salahsatu dosa besar dalam islam yang dapat mengundang murka Allah Stw, banyak sekali azab bagi orang yang melakukan dosa zina, diantaranya: mendapat siksa kubur, tidak mendapat rahmat Allah Swt, kekal di Neraka.

 

Begitu berat siksa bagi seorang pezina jika ia tetap dalam zina dan tidak mau bertaubat dengan taubat yang sesungguhnya. Padahal sebaiknya bagii seorang yang beriman hendaklah menjaga pandangannya dari hal-hal yang haram. Allah Swt berfirman dalam Qs. An Nur ayat 30 :

قُلْ لِّلْمُؤْمِنِيْنَ يَغُضُّوْا مِنْ اَبْصَارِهِمْ وَيَحْفَظُوْا فُرُوْجَهُمْۗ ذٰلِكَ اَزْكٰى لَهُمْۗ اِنَّ اللّٰهَ خَبِيْرٌۢ بِمَا يَصْنَعُوْنَ

Artinya: “Katakanlah kepada laki-laki yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu, lebih suci bagi mereka. Sungguh, Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat”.

 

zina adalah dosa besar. Bahkan mendekati zina saja haram. Allah SWT berfirman :

وَلَا تَقْرَبُوا۟ ٱلزِّنَىٰٓ ۖ إِنَّهُۥ كَانَ فَٰحِشَةً وَسَآءَ سَبِيلًا

Artinya:“dan janganlah kalian mendekati zina karena zina itu tindakan keji dan jalan yang amat buruk”(QS al-Isra’: 32).

 

Kalau seseorang dahulu pernah berzina dimasa lalunya, haruskah dia memberi tau kepada pasangannya ?. tidak perlu kalau seandainya Allah Swt sudah tutup aib itu maka janganlah mengumbar dosa-dosa yang telah dibuat apalagi dengan perasaan bangga.

 

Jika ada seorang pezina, dia ingin bertaubat, Langkah apa yang harus dia tempuh?

1.     Mandi taubat

sebelum melaksanakan Shalat Taubat hendaknya melakukan mandi taubat terlebih dahulu.

Mandi taubat disertai niat “Aku niat Mandi Taubat karena Allah SWT”. Cara mandi taubah sama dengan mandi wajib yakni semua basah namun beda niatnya. setelah bersih dilanjutkan Shalat Sunnah Taubat,"

2.    Solat sunnah taubat

Shalat sunnah ini dilakukan bertujuan untuk kembali kepada Allah dan bertaubat atas dosa dan kesalahan yang dilakukan. Niatnya yaitu:

أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَّوْبَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Artinya: Aku berniat melakukan sholat sunnah taubat dua rakaat karena Allah Ta’ala.”

3.    Istighfar

Membaca istighfar dilakukan dengan mengulang-ulang perkataan dalam bahasa Arab berupa kalimat ‘astaghfirullah’, yang artinya “Saya memohon ampunan kepada Allah”. Mamfaat dari membaca istighfar yaitu: menghapus dosa, mengabulkan doa, membuka pintu rezeki, mendapat kebaikan didunia

4.    Berbuat baik dengan memperbanyak sedekah

Dalam Alqur’an Allah Swt befirman:

وَأَقِمِ الصَّلاةَ طَرَفَيِ النَّهَارِ وَزُلَفًا مِنَ اللَّيْلِ إِنَّ الْحَسَنَاتِ يُذْهِبْنَ السَّيِّئَاتِ

Artinya: “Dan dirikanlah sembahyang itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bahagian permulaan daripada malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk.” (QS. Huud: 114)

 

Dalam hadits Rasulullah Saw ldisebutkan pula,

الصَّدَقَةُ تُطْفِئُ الْخَطِيئَةَ كَمَا يُطْفِئُ الْمَاءُ النَّارَ وَالْحَسَدُ يَأْكُلُ الْحَسَنَاتِ كَمَا تَأْكُلُ النَّارُ الْحَطَبَ

 

Artinya: “Sedekah itu akan memadamkan dosa sebagaimana air dapat memadamkan api. Hasad akan memakan kebaikan sebagaimana api melahap kayu bakar.”

 

Post a Comment

Previous Post Next Post