AKHLAKNYA RASULULLAH SAW

 



AKHLAKNYA RASULULLAH SAW

            Rasulullah adalah seorang yamg paling sempurna bentuk tubuhnya, Teramat tinggi budi perangainya. Fikiran beliau amat cerdas dan luas, Suka menyintai terhadap fakir-miskin, selalu kasih sayang kepada sesama manusia, beliau tiada pernah marah kecuali jika perintah Tuhan dilanggar (tiadak pernah marah karena dorongan hawa nafsu). Beliau selalu memberi ampun kepada orang-orang yang pernah menyiksa atau menyakitinya. Beliau bukan seorang yang suka mencaci dan mencela lagi bukan seorang yang gemar mrlaknat pada orang lain. Beliau sangat takut pada Tuhan, Berani lagi kuat, Dermawan dan mulia, Fasih lidahnya, Bersih dan suci biacaranya, Kepandaian beliau dalam soal bahasa dikagumi oaring-orang, karena beliau mahir berbahasa kabijah-kabilah ‘Arab yang bermacam-macam jalan bahasanya itu. Beliau melarang para shahabatnya akan berdiri untuk menghormat beliau, pada waktu beliau memasuki persidangan, karena memang beliau tidak gila pangkat dan hormat.

            Rasulullah saw adalah sosok pribadi yang dalam prilaku kesehariannya selalu mencerminkan akhlakul karimah. Untuk sekadar menjadi renungan perlu mengingatkan kembali secuil suri teladan Rasulullah saw berikut:

كَانَ بَشَراً مِنَ الْبَشَرِ، يَفْلِيْ ثَوْبَهُ وَيَحْلُبُ شَاتَهُ وَيَخْدُمُ نَفْسَهُ

“Rasulullah saw,  juga membersihkan pakaian, memerah susu kambing dan melayani diri sendiri.” (HR. Ahmad dan al-Tirmidzi).

            Menurut Ibnu Hajar, hadist ini menganjurkan untuk bersikap rendah diri dan meninggalkan kesombongan serta seorang suami yang membantu istrinya (Ibnu Hajar, Fathul Bari II/163).

            Wallahu A’lam


Post a Comment

Previous Post Next Post