MAKSUD DARI KEWAJIBAN BERPRASANGKA BAIK PADA ALLAH SWT

 





MAKSUD DARI KEWAJIBAN BERPRASANGKA BAIK PADA ALLAH SWT


Apa maksud dari kewajiban berprasangka baik pada Allah SWT?


JAWAB: Yakni meyakini bahwa Allah swt, akan memaafkan segala perbuatan yang dilakukan oleh hamba-Nya, selama hamba mau memohon ampun, memperbaiki perbuatannya, dan dosa yang dilakukan bukan syirik.


            “Nabi saw bersabda; Allah swt berfirman; “Barang siapa meyakini bahwa sesungguhnya Aku (Allah swt) memiliki kemampuan untuk mengampuni dosa-dosa, maka Aku (Allah swt) akan mengampuninya, dan Aku (Allah swt) tidak peduli (sebesar apapun dosanya) selama tidak menyekutukanKu “. (HR. Thobroni dan lainnya)


            Demikian juga dalam kitab al-Badrul Munir. Diriwayatkan dari Abi Hurairoh ra, dari Nabi saw, “Berprasangka baik, merupakan sebaik-baiknya ibadah”. (HR. Turmudzi).


 diriwayatkan dari Anas ra, beliau berkata “Saya mendengarkan Rosulullah berkata; “Allah swt berfirman; Wahai anak Adam sesungguhnya engkau akan Aku maafkan dari apapun yang engkau lakukan selama enngkau berdo’a dan berharap padaKu. Aku tidak peduli wahai anak Adam, meski dosamu mencapai awan di langit, lalu engkau memohon ampun padauk atas segala perbuatanmu. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam kitab  Jala’ al-Qulub.





Post a Comment

Previous Post Next Post