Bakti Seorang Anak Kepada Orang Tua Yang Sudah Tidak Mampu






Apakah Menafkahi orang tua itu termasuk hak seorang anak kepadanya? Jika iya, mana yang lebih utama antara menafkahi orang tua dan mencari ilmu?


Jawab: Menafkahi orang tua itu apabila orang tua itu tidak mampu, dia tidak bisa mencari rezeki sendiri maka menafkahi dan menjaga orang tua itu adalah kewajiban seorang anak.


Lalu, kalau seandainya dipertentangkan mana lebih baik belajar menuntut ilmu dibandinkan merawat dan menjaga orang tua mana yang harus kita utamakan?


Jawab: kalau seandainya tidak aadaa laagi yang menjaga dan merawat orang tuanya maka jaga oraang tuanya. Dan kalau seandainya orang tua ini masih bisa (masih mampu) maka carilah ilmu.


Pembahaasan ini mengingatkan kita tentang ceritanya sayyidina Uwes Alqorni yang hidup di zamannya Rasulullah. Yang dikisahkan bahwa sayyidina Uwes Alqorni ini ingin bertemu dengan Rasulullah. Tapi ada hal yang mencegat dirinya untuk menjumpai Rasulullah, yakni orang tuanya tidak ada yang merawat. Akhirnya beliau lebih memili untuk merawat dan menjaga orang tuanya dan tidak datang kepada Rasulullah. Akhirnya mendapatkan kemualiaan dari Allah SWT. Dijadikan seorang Tabi’in yang paara sahabat diperintahkan oleh Rasulullh untuk meminta doa kepeda beliau.


WALLAHU A’LAM, semoga bermanfaat Amiin….


 

 

 

 

Post a Comment

Previous Post Next Post