KISAH SAHABAT NABI NU'AIMAN

 


KISAH SAHABAT NABI NU'AIMAN


Taukah kalian tentang sahabt nabi yang paling humoris yang membuat nabi Muhammad saw selalu ketawa melihat tingkah lakunya. Yah…. Bener yaitu shabat Nu’aiman bin Amr bin Rafa’ah.

 

beliau mempunyai watak yang jahil dan kreatif, sehingga yang berada di dekatnya bisa tertawa bahagia. Meskipun wataknya lucu, Nu’aiman juga merupakan seorang mujahid sejati. Dia tercatat sebagai Ashabul Badr, pejuang yang pernah mengikuti perang Badar bersama Rasulullah.

 

Dan suatu waktu Ketika sahabat nu’aiman wafat, yang mengurus semua jasadnya yaitu baginda Nabi besar kita Nabi Muhammad SAW, mulai dari memandikan sampai ke liang lahat, begitu istimewanya beliau, sampai dikatakan bahwasanya Ketika tangan rasullah memegang jasad seseorang, sudah pasti jasad tersebut diharamkan masuk kedalam api neraka.

 

Disudut padang yang lain rasullah merasa sedih atas kehilangan sahabat yang selalu membuat gembira Nabi Muhammad saw, lanjut cerita setelah beliau dikubur, masyarakat pulang dan rasullah tetap dikuburanya Nu’aiman untuk menyaksikan saat nu’aiman ditayakan oleh malaikatnya Allah. Dan rasullah khawatir Nu’aiman tidak bisa menjawab.

 

Kemudian malaikat Mungkar Nakir datang dan bersalam kepada Nu’aiman dengan salam yang baik dan menyebut ahli surga, dan malaikat mungkar bertaya “siapa tuhanmu” dan Nu’aiman menjawab “Allah swt tuhanku, dan kemudian bertanya lagi “siapa nabimu” dan Nu’aiman berkata “bisa diulang pertayaanya”, malaikat mungkar pun bertaya lagi “siapa nabimu”, dan Nu’ aiman berkata “tunggu, tunggu, kayaknya saya salah denger”, sampai malaikat mungkar bertaya ketigakalinya “ siapa nabimu dan Nu’aiman pun menjawab “jangan keras-keras orangnya lagi diatas, dan Nabi pun sempat tertawa meskipun Nu’aiman ada didalam liang lahat.


Itulah sedikit kisah sahabat Nabi yaitu Nu’aiman.

 

 

 

DIRUNGGU KISAH SELANJUTNYA

Post a Comment

Previous Post Next Post