Sudah Sampai Mana Sih Persahabatanku Dengannya? Kepoin yuk...!

 




Berbicara masalah persahabatan tentunya sudah tahu sejauh mana sih persahabatan seseorang dalam berkehidupan. untuk mengetahui seberapa kuat persahabatan kita dengan seseorang kita lihat penjelasan dari seorang ulama' yang satu ini. kira-kira siapa yah... ? yakni Imam al-Ghazzali.

 Imam al-Gazali membagi persahabatan dalam berapa tingkatan? 


JAWAB : 3 tingkatan.


Dalam persahabatan terdapat etika dan hak yang harus kita jaga. Imam al-Gazhali dalam Ihya ‘ulumiddin menjelaskan banyak hal terkait hal ini. Juga Imam al-Gazhali membagi persahabatan dalam tiga tingkatan:


1. Tingkatan paling rendah adalah orang yang memosisikan sahabatnya seperti seorang pembantu. Dia akan memberikan memberikan harta kepada temannya bila terdapat kelebihan.


2. Tingkatan menengah adalah orang yang memperlakukan sahabatnya sama hal nya dia memperlakukan dirinya sendiri . mereka tidak membedalkan antara sahabat dengan dirinya.


3. Tingkatan yang paling tringgi adalah orang yang memosisikan sahabatnya di atas dirinya sendiri. Dia rela mengorbankan hartanya untuk sahabatnya dan hal ini tergolong para shiddikin.

 

235

 

 

Post a Comment

Previous Post Next Post