BREAKING NEWS

Author

Wednesday, September 1, 2021

PERAN AKHLAKUL KARIMAH DALAM MENYEBARKAN AGAMA ISLAM







Tidak ada pakasaan untuk masuk Islam sebagaimana dalam firman Allah Ta’ala:



لَا إِكْرَاهَ فِي الدِّينِ قَدْ تَبَيَّنَ الرُّشْدُ مِنَ الْغَيِّ       

                                   

                                                                                         

“tidak ada paksaan untuk (memasuki) agama (Islam) ; sesungguhnya telah jelas  jalan yng benar daripada jalan yang sesat”. (QS. Al Baqarah: 256)


 

Ibnu Katsir menuturkan: “janaganlah memaksa seorang pun untuk masuk ke dalam islam. Karena kebenaran Islam sudah begitu jelas dan gamblang. Oleh karenanya tidak perlu ada paksaan untuk memasuki Islam. Namun barang siapa yang Allah beri hidayah untuk menerima Islam, hatinya semakin terbuka dan mendapatkan cahaya islam, maka ia berarti telah memasuki Islam lewat petunjuk yang jelas. Akan tetapi, barang siapa yang masih tetap Allah butakan hati, pendengaran dan pengelihatan, maka tidak perlu ia dipaksa-paksa untuk masuk islam. Tidak ada manfaat jika masuk Islam dalam keadaan terpaksa. Para ‘Ulama’ telah menyebutkan bahwa sebab turunnya ayat ini mengenai kaum Anshar. Namun maksud ayat ini adalah umum. “(tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, 2; 250).



Cukup dengan sikap baik (ihsan) yang kita tunjukkan pada mereka mereka membuat tertarik pada Islam, tampa harus memaksa.


Share this:

Post a Comment

 
Copyright © 2014 HASAN JUFRI | Official Website. Designed by OddThemes