BREAKING NEWS

Author

Wednesday, July 7, 2021

PANTANGAN AHLI ILMU





Pantangan Ahli Ilmu


Bagi pemilik ilmu, sebaiknya tidak menghinakan dirinya dengan sifat rakus yang bukan pada tempatnya, dan hendaknya menjauh dari apa yang mengakibatkan hinanya Ilmu dan sipemiliknya,  dan hendaknya engkau menjadi orang yang merendah.


Adapun sifat tawadu’ (merendah diri) adalah antara orang sombong dan hina. Dan sifat ‘iffah (menjaga diri dari haram) itu seperti halnya tawadu’, (penjelasan itu) bisa diketahui dalam kitab Akhlaq.


Syekh al Imam yang mulia Al-ustaz Ruknu Al-Islam mensenandungkan sebuah syi’ir untuk dirinya sendiri.

Sesungguhnya sifat tawadu’ termasuk sifat orang-orang taqwa, dengannya orang yang naik pada derajat tinggi terus beranjak naik,

Diantara yang sangat mengherankan adalah heran pada orang yang ia tidak mengerti dengan keadaanya sendiri apakah akan bahagia atau sengsara

Atau bagaimana berakhirnya umur dan ruhnya di hari kematiann,  apakah ia menjadi orang paling bawah atau paling tinggi,

Sombong adalah milik Tuhan ku dan menjadi sifat khususnya, maka jauhilah (sombong) dan jagalah diri (dari sifat sombong)


Abu Hanifah mudah-mudahan Allah memberikan Rahmat – kepada sahabatnya, “besarkanlah lilitan sorban mu dan perlebar lengan bajumu” . beliau berkata demikian agar ilmu dan pemikiknya tidak diremehkan.

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © 2014 HASAN JUFRI | Official Website. Designed by OddThemes