3 Hal Yang Bisa Membuat Iblis Menangis

 




Ada tiga hal yang dapat membuat iblis menangis dengan kerasnya, yang dua sudah tidak bias terjadi, dan yang satu masih bisa terjadi. Yang dua itu adalah pada saat lahirnya nabi Muhammad SAW, dan saat turunnya surat Al-fatihah, dan yang satunya adalah mengucapkan salam.


Dalam kitab Al-Jami al Ahkam al Quran karya imam Qurthubi dijelaskan bahwa ada dua hal yang bias menyebabkan iblis menangis dengan kerasnya; pertama, ketika diturunkannya surat Al fatihah yang mana surat ini adalah surat yang paling afdal didalam Al Quran. Kedua, ketika di lahirkannya Nabi Muhammad SAW makhluk yang paling mulia sejagat raya karena berkat bimbingannya, orang yang bergelimangan dosa setumpuk gunung bias terhapus dosanya dengan mengucapkan syahadat saja. Sebagai contoh saja, pada zaman Rasulullah SAW ada orang tua renta kisaran umur 100 tahun lebih mengadu pada Rasulullah SAW.


“Ya rasulullah, apakah agamamu bias menghapuskan dosa-dosa yang telah aku perbuat, yang mana dosaku setumpuk gunung, berzina,mabuk,judi dan sebagainya dan kalau dikumpulkan akan melebihi dosa orang yang paling banyak dosanya dimuka bumi ini,” kata orang tua itu. “bisa,” Jawab Rasulullah SAW. “ Lalu apa yang harus aku lakukan?” Tanya orang tua itu. Kemudian Rasulullah SAW bersabda, “Ucapkanlah syahadat!”. Kemudian orang tua itu pergi menuju rumahnya. Berselang 3 hari kemudian terdengar kabar kalau orang tua itu meninggal dunia dan Rasulullah SAW bersabda, “Orang tersebut termasuk golongan orang-orang yang masuk surga.”


Lalu yang ketiga yang bisa membuat iblis menangis adalah ucapan salam. Ternyata ucapan salam dari seorang mukmin ke mukmin yang lainnya dapat membuat iblis menangis dengan kerasnya. Hal ini seperti yang diriwayatkan oleh ibnu Abbas ra, Ibnu Abbas berkata; “sesungguhnya iblis yang terkutuk itu akan menangis pada saat seorang mukmin berucap salam  dan iblis berkata, “Aduh, celakanya, kedua mukmin itu tidak akan pisah melainkan akan diampuni dosa-dosanya.


Rasulullah SAW sendiri sangat menekankan ucapan salam bagi seorang mukmin. “Orang yang berkendaraan hendaknyalah memberi salam kepada orang yang duduk, dan orang yang sedikit hendaklah member salam kepada orang yang banyak.” Itulah 3 hal yang dapat membuat iblis menangis dengan keras, sungguh sangatlah beruntung kita ini dengan lahirnya Nabi Muhammad SAW.


Di kutip dari buku SUROYYA  


1 Comments

Previous Post Next Post