BREAKING NEWS

Author

Sunday, December 6, 2020

MENSUCIKAN MINYAK GORENG TERKENA NAJIS


 

Ketika minyak goreng yang ada di dapur terkena najis, semisal terkena kotoran tikus, cicak dan lainnya. Bagaimana alternatif yang tepat agar minyak goreng bisa streril dan suci kembali ?


JAWABAN:

Terdapat dua pendapat permaslahan ini yaitu sebagai berikut:

Pendapat yang mendukung tidak bisa disucikannya, disampaikan dengan redaksi sebagai berikut:


 

مغن المحتج الجزء الاول ص 234 دار الكتب العلمية الطبعة 2000

 ( وَلَوْ نَجُسَ مَائِعٌ ) غَيْرُ الْمَاءِ وَلَوْ دُهْنًا ( تَعَذَّرَ تَطْهِيرُهُ ) إذْ لَا يَأْتِي الْمَاءُ عَلَى كُلِّهِ ؛ لِأَنَّهُ بِطَبْعِهِ يَمْنَعُ إصَابَةَ الْمَاءِ


“Seandainya ada benda cair telah menajiskan benda selain air, kendati benda yang dinajiskan berupa minyak, maka sulit untuk dilakukan penyuciannya, karena air tidak bisa mendatangi air secara sempurna, karena dilihat dari sisi wataknya, benda cair menghalangi sifat pembasuhan oleh air.”

Adapun pihak yang menyatakannya bisa dibersihkan, disampaikan dengan redaksi sebagai berikut:


مغن المحتج الجزء الاول ص 234 دار الكتب العلمية الطبعة 2000

( وَقِيلَ يَطْهُرُ الدُّهْنُ بِغَسْلِهِ ) قِيَاسًا عَلَى الثَّوْبِ النَّجِسِ .

وَكَيْفِيَّةُ تَطْهِيرِهِ كَمَا ذَكَرَهُ فِي الْمَجْمُوعِ أَنْ يَصُبَّ الْمَاءَ عَلَيْهِ وَيُكَاثِرَهُ ثُمَّ يُحَرِّكَهُ بِخَشَبَةٍ وَنَحْوِهَا بِحَيْثُ يَظُنُّ وُصُولَهُ لِجَمِيعِهِ ثُمَّ يُتْرَكَ لِيَعْلُوَ ثُمَّ يَثْقُبُ أَسْفَلَهُ ، فَإِذَا خَرَجَ الْمَاءُ سُدَّ . قَالَ فِي الْكِفَايَةِ : وَمَحَلُّ الْخِلَافِ فِيمَا إذَا تَنَجَّسَ الدُّهْنُ بِمَا لَا دُهْنِيَّةَ فِيهِ كَالْبَوْلِ

 


Bisa disucikan menurut sebagian pendapat, yakni dengan menghilangkan kotoran tersebut kemudian minyak ditaruh ke dalam sebuah wadah, lalu air dituangkan ke dalamnya sambil diaduk. Setelah itu, diamkan hingga minyak berada di permukaan dan air berada di dasar wadah. Barulah air dikeluarkan dengan cara melubangi wadah, sehingga tersisa minyak.

Sumber:

- Ngaji untuk bekal kehidupan dunia - akhirat, santri salaf press, Lirboyo press

- Nu Online


Share this:

Post a Comment

 
Copyright © 2014 HASAN JUFRI | Official Website. Designed by OddThemes