JIHAD SEORANG SANTRI






Pengertian jihad

Firman Allah dalam surat Al-baqoroh ayat : 193

 وَقَٰتِلُوهُمْ حَتَّىٰ لَا تَكُونَ فِتْنَةٌ وَيَكُونَ ٱلدِّينُ لِلَّهِ 



Artinya: Dan perangilah mereka itu, sehingga tidak ada fitnah lagi dan (sehingga) ketaatan itu hanya semata-mata untuk Allah


Jihad secara etimologi berasal dari masdar jahada yang bermakna berjuang dan berusaha keras. Jihad merupakan sesuatu yang sangat melekat bagi umat islam.

 

Pembahasan jihad dalam kitab nasoihuddiniah karangan Habib Abdullah bin Alawi bin Muhammad Al Haddad menerangkan bahwa jihad menjadi sesuatu yang paling mulia dalam tingkatan amar ma’ruf nahi mungkar.

 

Makna jihad sangat luas, kata jihad bukan hanya di peruntukkan untuk perang, apapun yang dilakukan umat islam dengan berjuang dan berusaha keras untuk melawan keburukan yang bertujuan dalam kebaikan maka termasuk jihad. Seperti halnya melawan hawa nafsu, menghilangkan kebodohan, berbakti kepada orang tua dan menyebarkan ajaran islam itu juga termasuk jihad.

 

كُتِبَ عَلَيْكُمُ ٱلْقِتَالُ وَهُوَ كُرْهٌ لَّكُمْ ۖ وَعَسَىٰٓ أَن تَكْرَهُوا۟ شَيْـًٔا وَهُوَ خَيْرٌ لَّكُمْ ۖ وَعَسَىٰٓ أَن تُحِبُّوا۟ شَيْـًٔا وَهُوَ شَرٌّ لَّكُمْ ۗ وَٱللَّهُ يَعْلَمُ وَأَنتُمْ لَا تَعْلَمُونَ


Artinya: Diwajibkan atas kamu berperang, padahal berperang itu adalah sesuatu yang kamu benci. Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.(Al Baqoroh 216)

 

Mencari ilmu merupakan jihad kita sebagai seorang pelajar, kenapa demikian?. Karena ilmu merupakan sesuatu yang harus kita usahakan dan diperjuangkan untuk menghilangkan kebodohan, maka dari itu menuntut ilmu dikategorikan sebagai jihad. Karena jihad seorang santri bukanlah dengan pedang melainkan pena, bukan perisai melainkan kitab.

 

Pesan hikmah: “Kadang sesuatu yang kamu benci itu amat baik untukmu, dan terkadang sesuatu yang kamu cintai itu amat buruk untukmu karena Allah mengetahui apa yang tidak kita ketahui.



HAFIMULTIMEDIA


Post a Comment

Previous Post Next Post