MTs Hasan Jufri | Profil Program International Class Programme (ICP)


MTs Hasan Jufri | Profil Program International Class Programme (ICP)

PROFIL PROGRAM KELAS UNGGULAN
INTERNATIONAL CLASS PROGRAM (ICP)

Madrasah Tsanawiyah Hasan Jufri merupakan salah satu madrasah yang dalam naungan kementerian Agama Kab. Gresik. Seperti sekolah pada umumnya MTs. Hasan Jufri juga merupakan lembaga pendidikan setingkat SLTP yang menyertakan kurikulum keagamaan sesuai dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar yang sudah di garis kan oleh  KEMENAG. Dalam perkembangannya MTs. Hasan Jufri mempunyai tujuan khusus menjadi sebuah lembaga berwawasan lingkungan (Adiwiyata) yang mampu mencetak lulusan (output) yang sholeh dengan bekal IMTAQ dan IPTEK yang mumpuni.

Menjawab tuntutan era globalisasi yang mempersyaratkan penguasaan IT dan kelihaian dalam berkomunikasi, maka MTs. Hasan Jufri membuka Kelas Unggulan, yaitu Kelas ICP (International Class Program) yang melaksanakan dua kurikulum (Kurikulum Nasional K-13 dan Kurikulum Internasional/Kurikulum Cambridge). Kelas ICP ini menerapkan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dan bahasa pergaulan sehari-hari antar sesama siswa ICP dan Guru.

PROGRAM UNGGULAN
1. Excursion
Program inovatif yang mengajak peserta didik mengikuti pembelajaran dan penelitian secara langsung kelapangan. Setelah kegiatan Excursion peserta didik diharuskan membuat laporan hasil observasinya dalam bahasa Indonesia dan menceritakan perjalanan dan kegiatan yang dilakukan dalam bahasa Inggris (Recount Text). Kegiatan ini dilaksanakan untuk membuka cakrawala pengetahuan peserta didik tentang dunia luar dan agar pembelajaran tidak monoton dilaksanakan di dalam kelas.

2. Peer Teaching & Environmental Care Campaign.
Peserta didik diajak mengunjungi beberapa SD dan MI untuk mengajak dan membuat mereka lebih  tertarik belajar bahasa Inggris. Dalam kegiatan ini, siswa juga bertugas mengkampanyekan kepedulian terhadap lingkungan. Kegiatan ini dilaksanakan pada awal semester ke II setiap tahun.

3. Les Hari Jum’at Sore
Dalam satu minggu sekali siswa ICP menerima pelajaran tambahan pada hari Jum’at sore yang dimulai pukul 14.00 s/d 16.00 WIS meliputi :
  • Matematika
  • Bahasa Inggris
  • Sains

4. Art Performance
Program ini di gagas untuk menfasilitasi dan mengasah bakat peserta didik sehingga mereka mampu mengekspresikan bakat dan kreatifitasnya. Kegiatan ini dilaksanakan sebulan sekali diluar jam pelajaran. 
Adapun agenda kegiatan yang dilaksanakan adalah :
a. Speech (pidato berbahasa Inggris)
b. Berlatih MC (pembawa acara berbahasa Inggris)
c. Menampilkan seni Teater
d. Dan lain-lain.

5. Tasmi’ Juz Amma dan Tadabbur Al-Qur’an
a. Tasmi’ Juz Amma, Peserta didik dibimbing untuk menghafal Al-Qur’an (juz Amma) selama 3 tahun sehingga tidak terlalu menyita waktu belajar.
b. Tadabbur Al-Qur’an, peserta didik dibekali dengan kajian isi kandungan beberapa ayat dan surat penting dalam Al-Qur’an terutama yang terkait dengan Tauhid dan Akhlakul Karimah.
Kedua program tersebut dilaksanakan pada jam tambahan setelah jam efektif usai yaitu 30 menit setelah jam efektif.

6. Memorizing Vocabs
Peserta  didik diharuskan menghafal Vocabs (kosa kata) dan ungkapan-ungkapan yang popular digunakan dalam percakapan sehari-hari (daily expressions) minimal 20 kata/ungkapan setiap minggu. Program  ini dibimbing langsung oleh seorang Tutor  atau guru bahasa inggris yang dibantu oleh wali kelas masing-masing.

7. Mendatangkan Native attendance atau Tutor
Untuk mengembangkan kemampuan bahasa inggris peserta didik, maka mendatangkan seorang native attendance atau seorang tutor bisa menjadi literatur tambahan dalam mengasah kemampuan berbahasa inggris peserta didik. Sehingga kegiatan belajar bahasa iggris menjadi lebih variatif dan tidak membosankan.

Post a Comment

Previous Post Next Post