MA Hasan Jufri | Praktek Rutin Jurusan Keagamaan



MA Hasan Jufri | Praktek Rutin Jurusan Keagamaan

HASAN JUFRI - Madrasah Aliyah Hasan Jufri memiliki beberapa jurusan yaitu Ilmu Alam, Ilmu Sosial dan Ilmu Keagamaan, ada pula jurusan International Class Programme (ICP) yang saat ini bermitra dengan SMA Khadijah, Surabaya.

Dari sekian jurusan, MA Hasan Jufri mencoba turun ke bawah langsung di masyarakat melalui jurusan Keagamaan dengan merancang kegiatan rutin seperti praktek-praktek tentang ilmu fiqih dan sebagainya. Hal ini bertujuan agar siswa keagamaan memiliki mental dan pengetahuan yang mumpuni saat di masyarakat nanti.

Bapak Nur Qomari, M. Pd.I selaku koordinator jurusan Keagamaan menyatakan siap untuk terjun praktek rutin tentang keagamaan di masyarakat. "Insyaallah, jika saya masih sehat akan selalu merancang kegiatan-kegiatan positif keagamaan yang akan dilaksanakan rutin walaupun satu bulan sekali", ungkap Pak Qomari.

Sampai saat ini jurusan Keagamaan mempunyai beberapa kegiatan praktek rutin dalam satu bulan dan satu minggu sekali. Adapun rincian praktek jurusan keagamaan yang rutin yaitu:

1. Rukyatul Hilal
Kegiatan praktek ini rutin dilaksanakan menjelang masuknya tanggal 1 bulan-bulan Hijriyah, seperti rukyatul hilal menentukan hari pertama bulan romadhan, tahun baru hijriyah dan lain sebagainya. Kegiatan ini dikoordinatori langsung oleh Bapak Moh. Kholil, S.Pd.I selaku anggota Lajnah Falakiyah Bawean. 


2. Tajhizul Mayit
Tajhizul Mayit adalah kegiatan mengurus mayit yang rutin dilaksanakan oleh jurusan Keagamaan Madrasah Aliyah Hasan Jufri. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat karena membantu warga untuk mengetahui tatacara mengurus jenazah yang sesuai dengan tuntunan syari'at. Kegiatan ini rutin dilaksanakan dari dusun ke dusun di Pulau Bawean.


3. Praktek Bilal Jum'at
Praktek ini dilaksanakan satu kali dalam satu minggu yakni setiap hari jum'at siswa terjun langsung di berbagai masjid di pulau Bawean. Tujuannya adalah agar siswa mempunyai mental yang bagus saat langsung berhadapan dengan masyarakat, juga agar siswa memahami tatacara menjadi Bilal saat pelaksanaan sholat jum'at.

Masih banyak lagi kegiatan-kegiatan praktek yang dilaksanakan oleh jurusan keagamaan, seperti zakat maal, tatacara menyembelih hewan, dan kajian membaca kitab kuning (AF).

Post a Comment

Previous Post Next Post