Kampung Inggris ala Hasan Jufri



Hasan Jufri - Sebutan kampoeng Inggris biasanya kita dengar hanya di Pare Kediri Jawa Timur. Namun kali ini kita akan menelisik tentang Kampong Inggris di pulau Bawean. Percaya atau tidak, Kampong Inggris ini juga berdiri di Pondok Pesantren Hasan Jufri Kebunagung Lebak Sangkapura Bawean Gresik.

Nama Kampong Inggris ini bukanlah nama tempat atau kampung, namun nama ini hanya sebatas nama saja. Sedangkan Kampong Inggris sendiri adalah suatu program berbahasa inggris yang dibentuk oleh International Class Programme (ICP).

ICP sendiri merupakan kelas unggulan internasional yang link nya lagsung ke Harvard University. Program ICP ini berdiri di Madrasah Tsanawiyah Hasan Jufri sejak tahun 2010. Sampai saat ini ICP masih berdiri kokoh dan mampu membuat program yang dinamai Kampong Inggris.

Kampong Inggris yang berdiri tahun 2014 ini bertempat di asrama Pondok Pesantren Hasan Jufri. Di asrama ini terdapat dua kamar/asrama ukuran 4x5 meter dan keduanya diisi oleh santri MTs yang mengambil jurusan ICP.

Muqri Masthur sebagai koordinator umum ICP mengaku sangat antusias sekali dengan adanya kampong Inggris ini. “harapannya para santri di dua asrama ini tidak lepas dari bahasa inggris sebagaimana jurusan yang telah mereka tempuh yaitu International Class Programme”, tuturnya.
Di kampong Inggris ini ada alah satu aturan yang menarik, yaitu ketika santri ICP ini ketahuan tidak berbahasa inggris, maka dia wajib memakai tanda kalung dengan tulisan “Saya Tidak Berbahasa Inggris” selama 12 jam. Menarik kan ?


Post a Comment

Previous Post Next Post