KESABARAN DI BULAN RAMADHAN

KHUTBAH SINGKAT  BULAN RAMDAHAN


Jamah jum’at yang dirahmati Allah, mari kita tingkatkan ketaqwaan kita kepada Allah swt dengan menjalankan segala perintah-perintahnya dan menjahui segala larangan-laranganya.

 

            Alhamdulillah, kita dipertemukan lagi dengan bulan ramadhan, yaitu bulan yang penuh berkah dan ampunan, dan perlu kita ketahui bahwasanya bulan ramadhan yaitu bulan yang menuntun kita untuk selalu bersabar dalam hal apapun sesuai sabda nabi muhammad saw yang artinya : puasalah dibulan kesabaran, yaitu bulan ramadhan.

 

Kita benar-benar ditempa untuk menjadi manusia yang lebih banyak bersabar dalam menjalankan perintah agama di satu sisi, dan mengahadapi ujian hidup di sisi lainnya. Sabar juga ada kalanya berhubungan dengan upaya sekuat tenaga untuk bertahan dan tidak goyah menghadapi rayuan setan ataupun hawa nafsu kita yang membujuk manusia agar melanggar perintah Allah dan Rasul-nya. Termasuk sabar pula adalah sabar menjalankan perintah dan beribadah untuk menggapai ridha-Nya Allah Swt, sebagaimana kita sabar di dalam menjalankan puasa di bulan Ramadan.

 

Puasa adalah menahan sekaligus meredam hasrat dan hawa nafsu yang terdapat dalam diri manusia. Dalam berpuasa kita tidak hanya disuruh untuk menahan lapar dan dahaga saja, tapi kita juga harus bisa menahan diri kita untuk tidak berkata-kata kasar ataupun menjelek”an orang lain dan sejenisnya. Seseorang yang berpuasa pada dasarnya sedang berada di puncak kesabaran yang tidak ada bandingannya, baik di dunia maupan kelak ketika berhadapan langsung dengan Allah Swt pada hari kiamat.

 

Jamah jum’at yang dirahmati Allah.

Bersabar merupakan sikap terpuji. Orang yang bersabar kedudukannya tinggi di hadapan Allah Swt. Mereka yang sabar adalah sangat dekat dengan Allah Swt dan dijanjikan akan mendapatkan balasan pahala yang tidak terhingga. Allah Swt berfirman dalam QS. Al-baqarah ayat 15:

 

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اسْتَعِيْنُوْا بِالصَّبْرِ وَالصَّلٰوةِ ۗ اِنَّ اللّٰهَ مَعَ الصّٰبِرِيْنَ 

 

Artinya : Wahai orang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan salat. Sungguh, Allah beserta orang-orang yang sabar.

 

Imam al-Thabari dalam kitab tafsirnya menjelaskan bahwa yang dimaksud kalimat Allah bersama orang-orang yang bersabar adalah bahwa Allah akan menjadi penolong bagi orang yang sabar, Allah juga yang menanggung mereka, dan Allah juga yang meridai apa yang dikerjakan mereka orang yang sabar.

 

Dengan demikian apabila kita bersabar di bulan Ramadan sekarang ini, maka kita jangan pernah khawatir. Sebab, Allah selalu bersama kita dan Allah juga yang akan menolong orang-orang yang berpuasa.


Post a Comment

Previous Post Next Post