BREAKING NEWS

Author

Monday, October 4, 2021

Karma Masih Berlaku Nih

 


                                           





HUKUM KARMA


Hukum karma adalah sebuah balasan kontan akibat apa yang kita lakukan, baik perbuatan baik maupun perbuatan jelek. Jika kita berbuat suatu kebaikan kepada orang lain, akan mendapat balasan diperlakukan baik juga terhadap orang lain. Juga sebaliknya apabila kita melakukan suatu keburukan pada orang lain, maka kita juga akan mendapat balasan dan akan mendapat suatu keburukan yang serupa.



Dengan kata lain hukum karma adalah hukum timbal balik dan reaksi. Imam Ghozali dalam hal ini berkata Al-Khalil bin Ahmad berkata:  “barang siapa yang berbuat namimah (adu domba) kepada engkau, niscaya ia akan berbuat namimah terhadap engkau pula. Dan barang siapa yang menyampaikan kepada engkau tentang hal orang lain, niscaya ia akan menyampaikan kepada orang lain tentang hal engkau”. (hukum karma)



Kesimpulan yang kita dapat ialah:



Jika kita ingin selamat dari gunjingan orang lain maka kita jangan menggunjinganya. Jika kita ngin disenangi orang maka senangilah orang lain memskipun tidak semua orang yang senang sama kita dan setuju dengan perbuata kita. dan jikalau sendainya diperlakukan orang tidak baik, maka INGATLAH bahwasanya kita juga  pernah memperlakukan orang lain seprti itu atau bahkan lebih buruk dari perbuatan  kita ke orang lain. 

 





Share this:

Post a Comment

 
Copyright © 2014 HASAN JUFRI | Official Website. Designed by OddThemes