BREAKING NEWS

Author

Friday, September 3, 2021

KEUTAMAAN MEMBACA SHALAWAT MUNJIYAT



Didalam ajaran syareat selain terkandungkemaslahatan bagi umat manusia, juga terkandung hikmah yang terkadang sulit ditangkap oleh nalar biasa. Ini menunjukkan bahwa pemahaman tentang ajaran agama tidak cukup hanya dengan menggunakan tolak ukur rasionalitas.

 

Banyak sekali rahasia-rahasia tersembunyi dibalik doa-doa, wirid, dan shalawat pada rasulullah Saw, dan isyarah langit yang berupa mimpi yang hanya bisa ditangkap oleh para wali-walinya Allah Swt, dengan perantara nur kewalian.

 

Diantara rahasia yang terdapat dalam shalawat munjiat yaitu dalam memenuhi keinginan atau hajat-hajat yang diinginkan oleh seorang hamba. Allah Subhanahu Wa Ta’ala memerintahkan umat-Nya agar senantiasa bersholawat, memanjatkan syukur dan pujian kepada-Nya.

 

Rasulullah sebagaimana dijelaskan dalam surat Al Ahzab ayat 56:

 

إِنَّ اللهَ وَمَلائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيماً

 

Artinya, “Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersholawat untuk nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bersholawatlah kamu untuk nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya."

 

sholawat adalah jalinan hembusan Rasulullah SAW kepada Allah SWT dan rasa terima kasih kita kepada Rasulullah. Semakin banyak kita bershalawat, semakin bertambah cinta kita kepadanya, dan Allah SWT pun akan mencintai kita.

Dan amalan yang pasti diterima walaupun riya’, sombong, namun shalawat tersebut akan tetap dicatat oleh Allah Swt, dan dengan memperbanya shalawat mudah-mudahan kita diterima, diakui oleh Rasulullah Saw sebagai Ummatnya.

 

Keutamaan membaca sholawat munjiyat dalam kehidupan sehari-hari muslimin dan muslimat adalah:

1.    dijabahinya doa

2.     penolong di akhirat atau syafaat

3.   melapangkan segala kesulitan.

4.   Dan yang paling utama yaitu kita akan semakin dikenal dan dekat dengan idola, harapan kita kelak yakni Rasulullah Saw.

 

Inilah bacaan sholawat munjiyat:

 

اَللهم صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً تُنْجِيْنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ الْأَهْوَالِ وَالْآفَاتِ، وَتَقْضِيْ لَنَا بِهَا جَمِيْعَ الْحَاجَاتِ، وَتُطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ السَّيِّئَاتِ، وَتَرْفَعُنَا بِهَا عِنْدَكَ أَعْلَى الدَّرَجَاتِ، وَتُبَلِّغُنَا بِهَا أَقْصَى الْغَايَاتِ مِنْ جَمِيْعِ الْخَيْرَاتِ فِيْ الْحَيَاةِ وَبَعْدَ الْمَمَاتِ

 

Artinya: “Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan shalawat itu, Engkau akan menyelamatkan kami dari semua keadaan yang menakutkan dan dari semua cobaan; dengan shalawat itu, Engkau akan mengabulkan hajat kami; dengan shalawat itu, Engkau akan menyucikan kami dari segala keburukan; dengan shalawat itu, Engkau akan mengangkat kami ke derajat paling tinggi; dengan shalawat itu pula, Engkau akan menyampaikan kami kepada tujuan yang paling sempurna dalam semua kebaikan, ketika hidup dan setelah mati.”

 

 

Wallahu A’lam


Share this:

Post a Comment

 
Copyright © 2014 HASAN JUFRI | Official Website. Designed by OddThemes