BREAKING NEWS

Author

Sunday, July 4, 2021

MONDOK SEBAGAI POTRET CINTA TANAH AIR

 





MONDOK SEBAGAI POTRET CINTA TANAH AIR

Apakah santri merantau meninggalkan halaman rumah untuk mencari ilmu di tempat lain   (mondok)  bisaa di sebut cinta negara?

JAWAB : ya, sayyid muhammad dalam kitab tahliyyah (kajian Akhlaq) barkata terkait orang yang mau mondok (merantau demi mencari ilmu) sebagai potret cinta tanah air sebagaimana perkataan baliau di bawah  ini:

Orang yang mencintai negara yang sebenarnya ialah orang yang berani meninggalkan halaman rumahnya  ketempat lain demi mencari ilmu agar setelah selesai pendidikannya, ilmunya dapat digunakan untuk kemafaatan bagi tempat tinggalnya/ negaranya

Merantaulah atau mondoklah meninggalkan tempat asal demi memcari kemuliaan; dan berpegianlah karena dalam berpergian itu terdapat lima faedah. yaitu melonggarkan kesusahan, medapatkan penghidupan, ilmu, adab, dan berteman dengan orang-orang terpandaang. Jika dikatakan bahwa dalam perantauan itu terdapat kehinaan, keterasingan, menempuh pandang luas, dan mengalami aneka  kesusahan. Maka, sebenarnya kematian seorang anak muda itu lebih baik di banding jika dia hidup di negri kehinaan, berdiam di antara orang yang gemar mengadu domba dan pendengki.

واحرص على وقتك ان يذهب منه شيئ لاتنتفع فيه بمسألة تستفيدها                               

Jagalah waktumu jangan sampai berlalu dengan sesuatu yang tidak mendatangkan manfaat bagimu.

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © 2014 HASAN JUFRI | Official Website. Designed by OddThemes