BREAKING NEWS

Author

Wednesday, June 9, 2021

KEUTAMAAN MEMBACA SURAH YASIN


 

Dalam setiap agama memiliki pedoman atau pegangan untuk menunjukkan pemeluknya kepada kebenaran, begitupun agama Islam yang kitab sucinya adalah Al-Qur’an. Al-Qur'an diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW dan umat manusia sebagai mukjizat.

 

Al-Qur'an juga menjadi bukti yang tak terbantahkan akan kebenaran Muhammad sebagai Rasulullah sekaligus kebenaran Islam sebagai agama rahmatan lil'alamin. Al-Qur’an akan menjadi syafaat atau penolong di hari kiamat untuk para pembacanya.

 

عن أَبي أُمامَةَ رضي اللَّه عنهُ قال : سمِعتُ رسولَ اللَّهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم يقولُ : « اقْرَؤُا القُرْآنَ فإِنَّهُ يَأْتي يَوْم القيامةِ شَفِيعاً لأصْحابِهِ » رواه مسلم

 

Dari Abu Amamah ra, aku mendengar Rasulullah saw. bersabda, “Bacalah Al-Qur’an, karena sesungguhnya ia akan menjadi syafaat bagi para pembacanya di hari kiamat.” (HR. Muslim)

 

Dan dalam Al-Qur’an banyak terdapat surah-surah yang memiliki keutamaan salah satunya adalah surah yasin. Sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian besar umat muslim di Tanah Air menjadikan Surah Yasin sebagai amalan rutin di malam hari.

 

Surat Yasin merupakan surat ke-36 dalam Al-Quran dan termasuk dalam surat Makkiyah. Dalam tradisi masyarakat Indonesia surat Yasin menjadi salah satu surat yang selalu dibaca oleh kaum muslim, khususnya ketika hari Jumat.

 

Kandungan Surat Yasin cukup luas, meliputi pokok-pokok keimanan, tanda-tanda kekuasaan Allah, peringatan kematian, hari akhir, serta kisah perjuangan para syuhada dan pendakwah. Dalam Surat Yasin banyak menjelaskan tentang akidah dan keimanan seorang muslim

 

Diantara dalil tentang keutamaan membaca surah Yasin dimalam hari yaitu :

 

قَالَ الْحَافِظُ أَبُو يَعْلَى: حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ أَبِي إِسْرَائِيلَ، حَدَّثَنَا حَجَّاجُ بْنُ مُحَمَّدٍ، عَنْ هِشَامِ بْنِ زِيَادٍ، عَنِ الْحَسَنِ قَالَ: سَمِعْتُ أَبَا هُرَيْرَةَ يَقُولُ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "مَنْ قَرَأَ يس فِي لَيْلَةٍ أَصْبَحَ مَغْفُورًا لَهُ.

 

Artinya : Al-Hafiz Abu Ya'la mengatakan, telah menceritakan kepada kami Ishaq ibnu Abu Israil, telah menceritakan kepada kami Hajjaj ibnu Muhammad, dari Hisyam ibnu Ziad, dari Al-Hasan yang mengatakan bahwa ia pernah mendengar Abu Hurairah r.a. berkata bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda: Barang siapa yang membaca surat Yasin di malam hari, pada keesokan harinya ia diampuni.

 

 

HAFIMULTIMEDIA



Share this:

Post a Comment

 
Copyright © 2014 HASAN JUFRI | Official Website. Designed by OddThemes