BREAKING NEWS

Author

Tuesday, April 27, 2021

MENYEBARKAN SALAM


 

Islam adalah agama di penuhi dengan kasih sayang, menyebarkan kedamaian dan ketenteraman bagi seluruh umat manusia. Tidak hanya kedamaian bagi umat Islam, tapi juga bagi umat agama lain.

 

Islam datang kedunia ini senantiasa menyebarkan kedamaian bagi segala mahluk, dan sebaik baik agama adalah agama islam, sebagaimana firman Allah Swt :

اِنَّ الدِّيْنَ عِنْدَ اللّٰهِ الْاِسْلَامُ

 

Artinya : Sesungguhnya agama di sisi Allah ialah Islam. (QS. Ali 'Imran Ayat 19)

 

Dalam surat Ali Imran ayat 19 diatas dijelaskan bahwa sesungguhnya agama disisi Allah hanyalah Islam, Ada pula yang memberi terjemahan, " Sesungguhnya agama yang diterima atau diridhoi Allah hanyalah Islam.

 

Sebagaimana disebutkan diatas bahwa Islam adalah agama di penuhi dengan kasih sayang, memberi kedamaian dan ketenteraman bagi seluruh umat manusia. Satu kebiasaan yang ringan namun bisa jadi jarang diterapkan di masyarakat kita adalah menyebarkan salam.

 

Padahal banyak buah kebaikan yang bisa dipetik dari ucapan yang mengandung muatan doa ini. Salah satu hal yang penting dalam kehidupan masyarakat muslim adalah menyebarkan salam. Karena dengannya akan tumbuh rasa saling cinta di antara mereka, biarpun tidak saling mengenal

 

Rasulullah Saw bersabda :

حَقُّ الْمُسْلِمِ عَلَى الْمُسْلِمِ سِتٌّ. قِيْلَ: مَا هُنَّ يَا رَسُوْلَ اللهِ؟ قَالَ: إِذَا لَقِيْتَهُ فَسَلِّمْ عَلَيْهِ، وَإِذَا دَعَاكَ فَأَجِبْهُ، وَإِذَا اسْتَنْصَحَكَ فَانْصَحْ لَهُ، وَإِذَا عَطَسَ فَحَمِدَ اللهَ فَسَمِّتْهُ، وَإِذَا مَرِضَ فَعُدْهُ، وَإِذَا مَاتَ فَاتَّبِعْهُ

Artinya: “Hak seorang muslim atas muslim yang lain ada enam.” Beliau pun ditanya, “Apa saja, ya Rasulullah?” Jawab beliau, “Jika engkau bertemu dengannya, ucapkan salam kepadanya. Jika dia memanggilmu, penuhi panggilannya. Jika dia meminta nasihat kepadamu, berikan nasihat kepadanya. Jika dia bersin lalu memuji Allah, doakanlah dia1. Jika dia sakit, jenguklah dia; dan jika dia meninggal, iringkanlah jenazahnya.” (HR. Al-Bukhari no. 1240 dan Muslim no. 2162)

 

Hadits diatas terdapat anjuran kuat untuk menyebarkan salam dan menyampaikannya kepada seluruh kaum muslimin baik yang engkau kenal maupun yang tidak engkau kenal, karena dengan ucapan salam kita bisa menimbuhkan kerukunan dan membawa rasa cinta.

 

أَبْخَلُ النَّاسِ الَّذِي يَبْخَلُ بِالسَّلاَمِ

 

Wallahu A’lam.

 

hafimultimedia

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © 2014 HASAN JUFRI | Official Website. Designed by OddThemes