BREAKING NEWS

Author

Friday, April 16, 2021

BERPUASA HANYA MENDAPAT LAPAR DAN DAHAGA



Setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan, dan sebaik baiknya orang yang berdosa adalah orang yang bertaubat. Dibulan Ramadhan ini adalah kesempatan kita untuk menghilangkan segala perbuatan perbuatan buruk dengan bertaubat kepada Allah Swt.

 

Bulan Ramadhan adalah bulan taubah, Rasulullah Saw bersabda :

 عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَقَالَ رَسُوْلُ اللّٰهِ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَلَهُ مَاتَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

 

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, ”Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: ’Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena iman dan berharap pahala, akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu ’.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

 

Di bulan Ramadhan ini kita harus mengisinya dengan amalan-amalan baik janganlah mengisinya dengan perbuatan yang sia-sia. Berapa banyak orang yang memasuki bulan Ramadhan tapi dia tidak mendapatkan apa-apa kecuali hanya mendapatkan lapar dan dahaga.

 

Mengerjakan puasa tapi dia tidak meninggalkan bicara yang tidak baik, dan mengerjakan amal yang tidak baik maka ia tidak mendapat mendapat apa-apa kecuali hanya lapar dan haus saja. Sebagaimana hadits Rasulullah Saw :

كَمْ مِنْ صَائِمٍ لَيْسَ لَهُ مِنْ صِيَامِهِ إِلَّا الْجُوعُ

Artinya: “Banyak orang yang berpuasa, namun ia tak mendapatkan apa pun dari puasanya selain rasa lapar saja.” (HR Imam Ahmad)

 

Untuk menghindari puasa yang kosong pahalanya, maka kita harus menghindari perbuatan-perbuatan yang bisa menyakiti orang lain dan merugi pada diri sendiri dan menjauhi penyakit hati. Karena jika hati baik maka semua angota tubuh akan ikut menjadi baik, namun jika hati rusak maka semua anggota tubuh akan menjadi rusak.

 

Rasulullah shallahu’alaihi wasallam bersabda:

أَلَا وَإِنَّ فِي الْجَسَدِ مُضْغَةً إِذَا صَلَحَتْ صَلَحَ الْجَسَدُ كُلُّهُ وَإِذَا فَسَدَتْ فَسَدَ الْجَسَدُ كُلُّهُ أَلَا وَهِيَ الْقَلْبُ

 

Artinya : Ketahuilah, sesungguhnya di dalam tubuh manusia terdapat segumpal daging. Jika ia baik, seluruh tubuh baik. Jika ia rusak, seluruh tubuh juga rusak. Ketahuilah (segumpal daging) itu ialah hati.. (HR. Muslim).

 

 

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © 2014 HASAN JUFRI | Official Website. Designed by OddThemes