BREAKING NEWS

Author

Tuesday, February 9, 2021

Maqalah Hasan Al Basri: Sopan, Santun, Sabar Dan Waspada

Pentingyan sopan santun

 

من لا اداب له لا علم له


Sopan santun dikendalikan oleh hati nurani, jadi apabila hatu nurani seseorang berkata baha itu baik maka baik, begitu pula sebaliknya jika hati nurani seseorang berkata itu buruk maka hal tersebut tidak baik.


 

Adab juga merupakan salah satu hal yang dapat menunjukkan kadar tingkatan iman seseorang. Dengan adab prilaku manusia akan menjadi lebih indah dan terpuji.


 

Sepeti contoh hal sederhana saja saat kita mengucapakan salam, memang salam sunnah dan yang menjawabnya wajib. Tapi perlu kita ketahui baha pahala mengucapkan salam itu lwebih besar dari pada menjaab salam, karena saat seseorang menjawab salam itu mewrwupakan bukti ketawadduan seseorang dan menghormati orang lain.


 

Pada zaman modern ini media sosial juga dapat menjadi ladang amal bagi kita dengan cara kita menyebarkan sesuatu yang baik melalui wa, fb ataupun yang lainnya.


 

من لا صبر له لا دين له


 

Barang siapa yang belum bisa sabar maka belum bisa menghayati agama, begitu terjemah dari maqalah tersebut. Allah merupakan tuhan alam semesta, Allah menciptakan sesuatu dengan bertahap, contohnya manusia dengan ada di kandungan 9 bulan hingga lahir itu merupakan proses tapi apakah Allah tidak langsung menjadikan manusia saat itu juga?. Jawabannya bisa tapi hal tersebut mengajarkan kepada manusia untuk berproses dengan sabar.

 

من لا وراع له لا زلفى له

                                         

Barang siapa yang tidak memiliki sifat waro’ maka orang tersebut Tidak Memiliki kemulyaan. Bila kita artikan wara’ adalah hati-hati atau waspada, jadi,kita harus benar-benar ada pada diri kita kebiasaan dalam berhati hati dalam keseharian, baik dalam segi pekerjan, ibadah dan lainnya.


 

Jadi,  kita harus benar berhati-hati seperti contoh seorang pejabat jadi,  di dalam segi apapun dan tanggung jawab apapun kita harus benar berhati-hati karena di Indonesia ini ini dapat membangun dengan baik semangat,  semangat membangun tapi tidak semangat merawat semangat mengerjakan proyek begitu selesai LPJ nya dinyatakan lolos sudah... tahu sandi itu apakah proyeknya ini berkelanjutan apabila tidak usah Yang penting dia sudah untuk bisa kita lihat,  contoh,  misalkan lampu-lampu yang terpasang di pinggir jalan,  itu kan proyek pemerintah,  begitu nyala langsung ditinggal mati semua lepas tangan,  ini artinya semangat membangun tidak semangat persatuan,  penyakit luar biasa bagi bangsa karena faktor kemalasan.


Share this:

Post a Comment

 
Copyright © 2014 HASAN JUFRI | Official Website. Designed by OddThemes