BREAKING NEWS

Author

Friday, January 15, 2021

Keutamaan Sholat Berjamaah

Keutamaan sholat berjamaah

Imam Syafii ialah salah satu imam mazhab terkemuka yang menjabarkan tentang keutamaan sholat berjamaah. Hal itu sebagaimana di jelaskan oleh beliau dalam kitab Al-Umm.

  

Menurut Imam Syafii, Yang dimaksud dengan sholat berjamaah adalah ketika beberapa orang yang melaksanakan sholat dipimpin oleh imam, Maka itulah yang disebut dengan berjamaah.

  

Sholat berjamaah memang memiliki keutamaan dibandingkan sholat secara sendiri-sendiri. Sebagaimana sabda Rosulullah Saw :

صَلاَةُ الْجَمَاعَةِ أَفْضَلُ مِنْ صَلاَةِ الْفَذِّ بِسَبْعٍ وَعِشْرِينَ دَرَجَةً 

“Shalat jamaah lebih baik 27 derajat dibanding shalat sendirian.” (HR. Bukhari dan Muslim).

 

Kesimpulan Mutiara Hadits

1.    Hadits ini menunjukkan keutamaan shalat berjamaah dibanding shalat sendirian.

2.    Dua puluh tujuh derajat diperoleh baik jama’ahnya banyak maupun sedikit.

3.    Pahala ibadah shalat akan bertambah banyak bila dilakukan berjamaah

 

Dalam shalat jamaah, semakin besar jumlah jamaah yang dipimpin seorang imam, maka itu lebih mustajab dan lebih dekat dengan yang lebih utama (afdholu) menurut Imam Syafii. Dan shalat jamaah sebaiknya dilakukan diawal waktu. Karena jama'ah yang dilakukan di awal waktu meskipun jama'ahnya sedikit itu lebih baik dari pada jama'ah yang banyak namun dikerjakan di akhir waktu.


Sebagaimana Hadits Rosulullah Saw : "Dan seandainya mereka mengetahui pahala menyegerakan shalat pada awal waktu, niscaya mereka akan berlomba-lomba melaksanakannya. Dan seandainya mereka mengetahui pahala shalat Isyak dan Subuh, niscaya mereka akan mendatanginya meskipun dengan jalan merangkak.” (HR. Bukhari)


Shalat sendirian diibaratkan seperti domba yang terpisah dari kawanannya sehingga serigala dengan mudah dapat menerkam dan memangsanya. Sedangkan seseorang yang melaksanakan salat jamaah, ibarat kawanan domba yang kompak sehingga serigala tidak berani menyerangnya secara langsung.


وَاَقِمِ الصَّلٰوةَۗ اِنَّ الصَّلٰوةَ تَنْهٰى عَنِ الْفَحْشَاۤءِ وَالْمُنْكَرِ ۗوَلَذِكْرُ اللّٰهِ اَكْبَرُ ۗوَاللّٰهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُوْنَ


Share this:

Post a Comment

 
Copyright © 2014 HASAN JUFRI | Official Website. Designed by OddThemes