MASIGNCLEAN101

Kiat Agar Terhindar Dari Sifat Sombong, Oleh Gus Abdul Halim, Lc

iklan banner

Hasan Jufri - Sombong/al Kibr itu adalah menolak kebenaran dan meremehkan manusia. Jika kita belum belum mampu bersikap tawadhu' (rendah hati), sebaiknya belajar untuk tidak menyombongkan diri.

Ulama tasawwuf telah mengajarkan kita cara mawas diri agar tidak terjebak dalam sikap merasa lebih baik, membanggakan diri dan sombong.

  • Ketika kita melihat seseorang anak yg masih kecil kita bisa berkata dalam hati: “Anak ini belum pernah berbuat maksiat sedangkan aku tak terbilang dosa yang telah kulakukan maka jelaslah anak ini lebih baik dariku.”
  • Ketika kita melihat orang tua hati kita berkata: “Orang ini telah beramal banyak sebelum aku berbuat apa-apa maka tentu ia lebih baik dariku.”
  • Ketika kita melihat seorang ‘alim hati kita berkata: “Orang ini telah dianugerahi ilmu yang tidak kumiliki ia juga berjasa telah mengajarkan ilmunya. Mengapa aku masih juga memandang ia bodoh bukankah seharusnya aku bertanya dan banyak belajar darinya”
  • Ketika seorang 'alim melihat orang awam melakukan sebuah kesalahan atau dosa, maka hatinya berkata: "Dia melakukan kesalahan itu karena ketidaktahuannya, sedangkan aku melakukan kesalahan padahal aku tahu kalau itu sebuah dosa, maka tentu orang awam ini lebih dari diriku".

Waspadalah kita karena sikap dan perilaku merasa lebih baik/lebih mulia bisa menimpa siapa saja.
Seorang tokoh yang memiliki pengikut banyak reputasi yang luas juga berpotensi untuk menyombongkan diri lantaran ketokohannya dan pengikutnya yang banyak tanpa disadari sedikit demi sedikit kesombongan itu mulai mengakar dan akhirnya hatinya berkata: Ana Khairun minhu (aku lebih baik darinya).

Kita berlindung kapada Allah dari perbuatan sombong baik dalam bentuk sifat sikap maupun perilaku karena ia dapat menjadi penghalang masuk jannah. Rasulullah SAW bersabda “Tidak akan masuk syurga seseorang yang terdapat dalam hatinya sifat sombong meskipun hanya sebesar biji sawi.”

Allahumma Ya Rabbana...
Jauhkanlah kami dari sifat sombong, karuniakanlah kami sifat Tawadhu', bersihkanlah hati kami dari segala penyakit hati, Aamiin.
Share This :
Admin 1