Suri Tauladan dari Nabi Ya’qub A.S


Suri Tauladan dari Nabi Ya’qub A.S

Beberapa suri tauladan dari kisah Nabi Ya’qub A.S

1. Bijaksana dan Adil

Nabi Ya’qub A.S yang memiliki empat orang istri memiliki sifat bijaksana dan adil agar keempat istrinya terus mendapatkan kebahagiaan. Melalui kisah Nabi Ya’qub A.S kita menjadi belajar untuk menjadi seseorang yang bijaksana dalam mengambil keputusan, sehingga orang-orang di sekitar kita akan bahagia. Oleh sebab itu, kita sebagai manusia biasa perlu menanamkan sifat bijaksana ini di dalam diri kita.

2. Sabar

Nabi Ya’qub A.S yang memiliki kakak bernama Ish yang selalu mengejek, mengganggu, mengancam, dan menganiaya dirinya. Meskipun sering diperlakukan tidak baik oleh kakaknya, Nabi Ya’qub A.S tetap sabar dan tidak pernah membalas perilaku tidak baik itu. Untuk memiliki sifat sabar seperti Nabi Ya’qub A.S memang sulit, tetapi jika terbiasa melatih diri untuk bersabar, maka sifat sabar bisa tertanam di dalam diri kita.

3. Ayah Teladan

Tak cuma sebagai suami yang bijaksana dan adil saja, tetapi Nabi Ya’qub A.S juga menjadi ayah teladan bagi kedua belas anaknya. Seorang ayah sudah semestinya memberikan contoh yang baik kepada anak-anaknya agar menjadi pribadi yang baik.

Mukjizat Nabi Yakub

  • Kakek moyang rasul sebelum Nabi Muhammad
  • Dikaruniai 12 Anak yang berpengaruh besar terhadap peradaban manusia
  • Berakhlak tinggi sesuai dengan surah shaad ayat 46
  • Berilmu tinggi sesuai dengan surah shaad ayat 45
  • Mampu mengartikan mimpi Nabi Yusuf sesuai dengan surah Yusuf ayat 4-6
  • Semangat untuk berdakwah sesuai dengan surah Al Bawarah ayat 132-133


Wallahu A'lam...

Post a Comment

Previous Post Next Post