Siapa Yang Pertama Kali Shalat Fardlu....??



Shalat adalah ibadah wajib bagi setiap orang muslim yang telah baligh dan berakal. Terdapat lima waktu shalat yang harus dilakukan, yaitu shalat Dzuhur, Ashar, Maghrib, Isya', dan Subuh. Pada kesempatan kali ini, akan dibahas mengenai orang-orang yang pertama kali melaksanakan shalat di waktu tersebut.

Shalat Subuh: Orang yang pertama kali melaksanakan shalat ini adalah Nabi Adam AS, yaitu ketika beliau keluar dari surga dan beliau mendapati kegelapan, kemudian beliau merasakan rasa takut yang luar biasa, maka ketika fajar muncul beliau langsung shalat sebanyak 2 raka’at, yang disebut dengan shalat subuh. 

Salat Dhuhur: Orang yang pertama kali melaksanakan shalat ini adalah Nabi Ibrahim AS, yaitu ketika Allah SWT, memerintahkan beliau untuk menyembelih anaknya sendiri yaitu Nabi Ismail.Dan kejadian itu ketika matahari sudah lengser (tergelincir), maka kemudian beliau shalat 4 Raka’at.

 Beliau shalat diantaranya karena bersyukur atas nikmat Allah yang telah menggantikan anak beliau yg harusnya disembelih namun diganti dengan seekor kambing dari syurga yang katanya itu adalah kambing milik habil ( putra Nabi Adam AS ) .

Shalat Asar: Orang yang pertama kali melaksanakan shalat ini adalah Nabi Yunus AS, yaitu ketika beliau di keluarkan oleh Allah SWT, Dari perut ikan yang besar.

Shalat Maghrib: orang yang pertama kali melaksanakan shalat ini adalah Nabi Isa AS, yaitu ketika beliau keluar dari antara kaumnya, dan kejadian itu ketika tenggelamnya matahari.

Shalat Isya’: orang yang pertama kali melaksanakan shalat ini adalah Nabi Musa AS, yaitu ketika beliau tersesat dijalan tatkala beliau pergi dari kaumnya yaitu kaum Madyan dan beliau ditimpah kesedihan - kesedihan dengannya.

Di ambil dari kitab Sullam Al Munajat karangan Syaikh Muhammad Nawawi Bin Umar Al Banteni. Rahimahullah


Post a Comment

Previous Post Next Post