BREAKING NEWS

Author

Sunday, July 25, 2021

SIFAT SANTUN NIH...!





Sifat santun


Sifat santun ini disenangi banyak orang, coba bayangkan siapa sih yang tidak mau disantuni, bahkan sifat santun ini bisa menahan amarah/ emosi seseorang. Orang yang lebih tua terasa lebih senang bila disantuni sama yang lebih muda,orang tua terasa lebih senang bila disantuni anaknya, seorang guru juga akan terasa lebih senang bila disantuni sama muridnya,


Dan sifat santun ini juga menjadi sebab kita menyayangi orang bodoh, tidak mencaci maki, malu memberi jawaban, ramah pada orang yang berbuat jahat, menjaga nikmat yang lalu, diplomatis, menanti peluang. Tidak mencaci maki sebagian dari berjiwa mulia dan tinggi cita-cita, malu sebagian dari memelihara jiwa dan sepurna kharisma, memelihara nimat yang lalu sebagian dari menyempurnakan janji, diplomatis dan melihat sebagian peluang dari kecerdikan, sebab seseorang yang menampakkan kemarahan itu sedikit caranya.


sifat santun ini memiliki kreteria sendiri bagaimana seseorang mencerminkan akhlak yang baik. Nabi SAW bersabda: “sesungguhnya Allah mencintai orang yang mempunyai rasa malu, santun, dan murka akan orang yang berbuat keji dan cabul”.


Share this:

Post a Comment

 
Copyright © 2014 HASAN JUFRI | Official Website. Designed by OddThemes