BREAKING NEWS

Author

Friday, November 5, 2021

Keberkahan Ilmu



Ilmu merupakan salah satu sifat wajib bagi Allah yang artinya Allah Maha memiliki Ilmu, Pengetahuan yang jelas dan benar tentang sesuatu. Ilmu merupakan kata yang berasal dari bahasa Arab, masdar dari ‘alima – ya’lamu yang berarti tahu atau mengetahui.

 

sementara itu secara istilah ilmu diartikan sebagai Idroku syai bi haqiqotih(mengetahui sesuatu secara hakiki). Kata ilmu dalam bahasa Arab "ilm" yang berarti memahami, mengerti, atau mengetahui. Dalam kaitan penyerapan katanya, ilmu pengetahuan dapat berarti memahami suatu pengetahuan.

 

Ilmu itu bisa diperoleh melalui dua jalan. Pertama melalui pengajaran manusia kedua melalui pengajaran Tuhan yang Maha- Esa Allah SWT.

Cara pertama, maksudnya dengan cara mengikuti kajian-kajian ilmu, mempelajari kitab, dan belajar kepada Guru.

Dan cara yang kedua, yaitu ilmu yang langsung didapat dari Allah Swt atau lebih dikenal dengan ilmu ladunni.

 

Menuntut ilmu itu memanglah keharusan bagi tiap manusia. Sebagaimana sabda Rasulullah Saw :

أطْلُبِ الْعِلْمَ مِنَ الْمَهْدِ إِلَى اللَّحْدِ

Artinya: “Tuntutlah ilmu dari buaian (bayi) hingga liang lahat.”

Kewajiban mencari ilmu juga dibebankan tiap Muslim sebagaian sabda Rasulullah SAW:

 طَلَبُ اْلعِلْمْ فَرِثْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

"Menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap muslim."

 

Ilmu bisa didapat bukan hanya dari belajar saja, tapi banyak orang yang mendapatkan Ilmu karena keberkahan dari Gurunya. Berbicara tentang keberkahan, Ibnu Qayyim rahimahullah mengatakan bahwa keberkahan itu ialah disaat tetap dan bertambahnya kebaikan.

 

Memburu berkah amatlah berat, tapi justru di dalamnyalah ada banyak rasa nikmat. Banyak cara untuk meraup keberkahan, salah satunya kita sebagai pelajar dapat meraihnya yaitu dengan cara selalu mentaati perintah-perintah Guru dan meninggalkan apa-apa yang dilarangnya.

 

Banyak sekali yang bisa kita dapatkan dengan menuntut ilmu, karena dengan ilmu kita bisa mendapat apapun yang kita inginkan. Rasulullah Saw bersabda :

مَنْ أَرَادَ الدُّنْيَا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ, وَمَنْ أَرَادَ الأَخِرَةَ فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ, وَمَنْ أَرَادَهُمَا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ

“Barang siapa menginginkan kebahagian dunia, maka tuntutlah ilmu dan barang siapa yang ingin kebahagian akhirat, tuntulah ilmu dan barangsiapa yang menginginkan keduanya, tuntutlah ilmu pengetahuan.

 

 

Wallahu A'lam.

Share this:

2 comments :

 
Copyright © 2014 HASAN JUFRI | Official Website. Designed by OddThemes