COBAAN PENCARI ILMU

 


    COBAAN SANG PENCRI ILMU


“Sang pencari ilmu mengalami kepahitan hidup bahkan sampai tertimpa penyakit kencing darah demi ilmu”

   Al-Imam    Al-Hafidz   Muhammad bin Thair Al-Maqdisi menceritakan tentang kisahnya ddalam mencari ilmu:

“Aku mengalami kencing darah ketika sedang mencari hadits dua kali; sekali di Baghdad dan sekali di Mekkah. Hal itu disebabkan aku berjalan tanpa menggunakan alas kaki dalam perjalananku mencari ilmu di cuaca yang sangat panas diatas gurun yang membakar. Maka hal itu mempengaruhi tubuhku sehingga aku kencing darah. Aku tidak pernah sama sekali menggunakan kendaran untuk mencari hadits kecuali hanya sekali saja. Aku selalu membawa kitab -kitabmku diatas punggung didalam menempuh perjalanan sampai suatu negeri. Aku tidak pernah meminta harta  kepada seorang pun ketika mencari ilmu. Aku hidup atas rizki yang di berikan oleh Allah kepadaku tanpa meminta-minta.”

Mereka menahan derita hingga merasa bosan kebanyakan mereka kemuliaan akan memeluk orang yang tetap setia dan bersabar janganlah kamu anggap kemuliaan itunkurma yang kamu makan kamu tidak akan mencapai kemuliaan hingga menjilat kesabaran

Berkata Al-Imam Al-Hasan Al-Bashri rahimahullah: “ satu sebab dari limu yang di pelajari oleh seseorang itu lebih baik daripada dunia dan seluruh isinya.”


Post a Comment

Previous Post Next Post