BREAKING NEWS

Author

Wednesday, September 15, 2021

SUATU HAL YANG MENYEBABKAN SESEORANG LUPA

 




HAFI







Lupa ini Juga termasuk pengalaman yang sedikit tidak menyenangkan, contohnya andi dikasih tugas sama gurunya, ketika pas andi disuruh ngumpulkan tugas…. andi ini ndak ngumpulkan dengan alasan lupa, dan karena memang sebenarnya andi ini lupa untuk mengerjakannya. Dari cerita (andi) ini dapat kita ambil suatu faedah tentang bagaimana sih cara agar supaya ingat pada apa-apa yang telah lewat, khususnya dalam belajar.  



Lupa ini juga di sebabkan beberapa faktor. Lalu faktor apa yang menyebabkan kita sering lupa?


Adapun hal-hal yang mengakibatkan kita lupa adalah perbuatan maksiat, sangat cemas dan sedih terhadap urusan dunia, dan juga terlalu sibuk dan bergantung (degan hal-hal yang berkaitan dengan urusan dunia).



Dalam Kitab Ta’limul Muta’allim di jelaskan bahwa “tidaklah baik bagi orang yang berakal mencemaskan/menghawatirkan urusan dunia, sebab hal yang semacam itu dapat membahayakan pada diri kita dan tidak bemberi suatu manfaat bagi kita, dan mencemaskan urusan dunia itu tidak akan sepi didalam kegelapan dalam hati. Sedangkan mencemaskan urusan akhirat itu tidak akan sepi dari ynag Namanya cahaya dalam hati.



Meyibukkan diri dengan sholat yang khusu’  dan menyibukkan diri dengan mencari ilmu itu juga termasuk salah satu cara kita bagaimana agar bisa menghilangkan rasa cemas/susah dan sedih.



Maka dari itu janganlah sering-sering kita melakukan suatu maksiat dan kurangilah maksiat itu agar kita gak sering lupa. juga maksiat ini dapat mengundang murkanya Allah. Maka bertobatlah dan kembali kepada Allah.



allahuA’lam


Share this:

Post a Comment

 
Copyright © 2014 HASAN JUFRI | Official Website. Designed by OddThemes