BREAKING NEWS

Author

Saturday, February 20, 2021

Cinta Dunia Adalah Pangkal Dari Segala Kesalahan

 

Menjaga hati dari dunia


Kita diajarkan untuk berhati-hati tentang urusan dunia, kita dihadapkan dengan dua pilihan dunia dan akhirat. Banyak manusia yang telah terjerumus kepada kecintaan dunia. Wahai sahabatku semua kita ini diciptakan dari tanah dan akan kembali lagi menjadi tanah, manusia akan di kuburkan dengan tanpa membawa harta apapun.

 


Sabda Rosulullah Saw.:


 

حب الدنيا رأس كل خطيئة

 


Artinya: “Cinta dunia adalah pangkal dari semua kesalahan”.


Ingatlah harta dunia ini hanyalah titipan, memang banyak orang kaya dan itu juga merupakan takdir Allah, tapi Allah melarang intik mencintainya. Seperti maqalah ulama “Taruhlah dunia itu di tanganmu janganlah kau simpan di dalam hatimu.

 


Dalam maqolahnya Ibnu Qayyim berkata:


 

مُحِبُّ الدُّنْيَا لَا يَنْفَكُّ مِنْ ثَلَاثٍ : هَمٌّ لَازِمٌ ، وَتَعَبٌ دَائِمٌ ، وَحَسْرَةٌ لَا تَنْقَضِى.

 


Artinya: “Pecinta dunia tidak akan terlepas dari tiga hal : kesedihan (kegelisahan) yang terus-menerus, kelelahan (keletihan) yang berkelanjutan, dan penyesalan yang tidak pernah berhenti.


Dikala manusia terlalu terobsesi dengan dunia banyak hal haram yang akan dihalalkan, gelisah jika ada seseorang yang melebihi dirinya. Dunia ini adalah tempat keletihan kegelisahan, kepayahan dan sebagainya. Jadi marilah kita selalu tingkatkan iman dan taqwa, senantiasa melakukan sedekah karena di dalam harta kita itu ada hak orang lain.


hafimultimedia

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © 2014 HASAN JUFRI | Official Website. Designed by OddThemes