BREAKING NEWS

Author

Monday, February 22, 2021

6 perkara penahan marah

 





Semua orang di dunia ini pasti pernah yang namanya marah, padahal marah adalah kunci dari segala keburukan. Terus gimana kita agar tidak suka marah- marah terus.


Inilah 6 perkara yang membuat kita gak marah


1.Ingatlah semua yang sudah terjadi adalah takdir Allah

Takdir Allah selalu indah. Karena Allah mengetahui apa yang terbaik bagi para hambanya. Dan ingat juga bahwa yang terbaik dimata kita belum tentu terbaik menurut Allah


2.Mengingat pedih nya siksa akhirat

Yakinlah bahwa kuasa Allah sangatlah besar. Allah berfirman dalam hadits qudsinya yang artinya:”Wahai anak Adam, ingatlah Aku marah, maka Aku mengingatmu ketika Aku murka. Sehingga Aku tidak membisakamu bersama orang yang kubinasakan .”


3.Diam

إٍذَاغَضَبْتَ فَاسْكُتْ

"Jika kamu marah maka diamlah.”

Karena diam lebih menyelamatkanmu. Berapa banya orang-orang yang emosi, menheluarkan semua sumpah serapahnya, kemudian meninggalkan penyesalan seumur hidup.


4.Berta’awudz

Ketika seseorang marah, akalnya lagi dikuasain syetan, diantara solusinya minta perlindungan dari Allah dengan membaca ta’awudz, dijamin syetannya langsung ngebirit.


5.Merubah posisi tubuh.

Kalau kita marah dalam keadaan berdiri, maka hendaknya kita duduk. Kalau kita marah dalam keadaan duduk, maka hendaknya kita berbaring. Cobalah selalu tenang dan janga memutuskan suatu perkara dalam keadaan emosi.


6.Berwudhu atau mandi.

Nah….

Ini adalah cara yang paling efektif, Rasulullah bersabda yang artinya:”Sesungghnya marah itu dari syetan dan syetan diciptakan dari api. Dan api hanya bisa dipadami dengan air. Maka jika salah seseorang dari kalian marah, maka hendaknya wudhu.”

Semoga Allah SWT menjadikan kita termasuk orang-orang yang sabar dan selalu menahan amarah. Aamiiin..


Share this:

Post a Comment

 
Copyright © 2014 HASAN JUFRI | Official Website. Designed by OddThemes