Amalan yang dianjurkan ketika di masjid

 

Masjid merupakan tempat ibadah bagi umat islam. Masjid memiliki sangat banyak fungsi bukan hanya sebagai tempat ibadah, proses belajar mengajar, dakwah, mesyawarah dan sebagainya. Dalam sejarah islam masjid memiliki sangat banyak fungsi.

Diantara amalan yang disunnahkan ketika berada di masjid:

  • I’tikaf

Diantara lafadz I’tikaf. adalah

 

نَوَيْتُ الْاِعْتِكَافَ لِلّٰهِ تَعَالٰى

 

 “Saya niat I’tikaf karena iman dan mengharap akan Allah, karena Allah ta’ala."

  • Sholat

Sholat merupakan salah satu amalan yang akan pertama kali di hisab. Seperti hadits Nabi Muhamad Saw:

عن أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه قَالَ : سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ :  إِنَّ أَوَّلَ مَا يُحَاسَبُ بِهِ الْعَبْدُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ مِنْ عَمَلِهِ صَلَاتُهُ فَإِنْ صَلُحَتْ فَقَدْ أَفْلَحَ وَأَنْجَحَ وَإِنْ فَسَدَتْ فَقَدْ خَابَ وَخَسِرَ ، فَإِنْ انْتَقَصَ مِنْ فَرِيضَتِهِ شَيْءٌ قَالَ الرَّبُّ عَزَّ وَجَلَّ : انْظُرُوا هَلْ لِعَبْدِي مِنْ تَطَوُّعٍ فَيُكَمَّلَ بِهَا مَا انْتَقَصَ مِنْ الْفَرِيضَةِ ؟ ثُمَّ يَكُونُ سَائِرُ عَمَلِهِ عَلَى ذَلِكَ


Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, “Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, ”Amalan hamba yang pertama kali dihisab hari kiamat adalah sholat, jika sholat itu bagus, dia beruntung dan berhasil, jika cacat dia menyesal dan merugi. Bila sholat wajibnya tidak sempurna, Allah SWT berkata, ”Lihatlah apakah hamba-Ku punya amalan sunnah sehingga bisa menutupi amalan wajibnya, dengan demikian tertutup segala amalnya.” 

 

  • Memperbanyak membaca Al Qur’an

Dengan memperbanyak Al Qur’an hati kita akan merasa tenang, meskipun kita sudah berapa kali membaca dan hatam Al Qur’an tapi kita tidak akan pernah bosan membaca dan 

bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ .

“Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al-Qur`an dan mengajarkannya.”

  • Berdzikir

Banyak sekali dzikir yang bisa kita lakukan seperti: tasbih, istigfar dll. dengan berdzikir kita selalu bisa mengingat Allah, Berdzikir sangat mudah untuk dilakukan. jadi sempatkanlah diri kita setiap hari untuk berczikir.

Sholawat

Banyak sekali faidah dari sholawat. bahkan dengan kita bersolawat 1 kali kita akan mendapaatkan 10 pahala. Seperti hadits Nabi Muhammad Saw.‘’Siapa saja yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah memberinya rahmat sepuluh.’’ (HR Muslim).

Post a Comment

Previous Post Next Post