Keutamaan Berwudhu



Shalat merupakan kewajiban bagi tiap umat islam. Sebelum melaksanakan salat lima waktu, setiap umat islam harus melakukan wudu’ telebih dahulu. Mengapa diharuskan untuk berwudhu..?

 

Karena Wudhu merupakan salah satu cara untuk menghilangkan hadas, yakni hadas kecil. perintah melaksanakan wudhu sebelum sholat terdapat dalam surat al-Maidah ayat 6:

 

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلَاةِ فَاغْسِلُوا وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوا بِرُءُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى الْكَعْبَيْنِ

Artinya:

"Wahai orang-orang yang beriman! Apabila kamu hendak melaksanakan shalat, maka basuhlah wajahmu dan tanganmu sampai ke siku, dan usaplah kepalamu dan (basuh) kedua kakimu sampai ke kedua mata kaki."

 

Namun wudhu bukan hanya digunakan untuk shalat saja melainkan bisa pada ibadah lainnya seperti: baca Al-Qur’an, Ketika belajar, bahkan Ketika akan tidur.

 

Perbuatan yang disunnahkan untuk berwadhu’

1.   Ketika akan belajar

Syekh Az-Zarnuji di dalam kitab Ta’limul Muta’allim bi Thariqatut Ta’allum menerangkan bahwa berwudhu sebelum belajar (misal dengan memuliakan kitab/buku) adalah bagian dari memuliakan ilmu.

Maka, menurut syekh Az-Zarnuji, seorang pelajar seharusnya tidak mengambil kitab kecuali dalam keadaan suci/memiliki wudhu.

 

2.   ketika akan tidur

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ بَاتَ طَاهِرًا، بَاتَ فِي شِعَارِهِ مَلَكٌ، فَلَمْ يَسْتَيْقِظْ إِلَّا قَالَ الْمَلَكُ: اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِعَبْدِكَ فُلَانٍ، فَإِنَّهُ بَاتَ طَاهِرًا

 

Artinya:

Barangsiapa yang tidur dalam keadaan suci, maka malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Dia tidak akan bangun hingga malaikat berdoa: Ya Allah, ampunilah hambamu si fulan karena tidur dalam keadaan suci.

 

3.   Selalu punya Wudhu dalam setiap keadaan

Berwudhu bukan sekedar mensucikan diri dari hadas kecil sebagai syarat seseorang akan beribadah kepada Allah SWT. Namun juga, mampu menjadi penghapus doa yang telah dilakukan. Rasulullah bersabda,

 

مَنْ نَامَ عَلَى وُضُوْءٍ فَأَدْرَكَهُ الْمَوْتُ فِيْ تِلْكَ اللَّيْلَةِ فَهُوَ عِنْدَ اللهِ شَهِيْدٌ

Arinya: “Siapa yang tidur dalam keadaan berwudhu, lalu kematian menemuinya di malam itu, maka ia termasuk syahid di sisi Allah.”

 

Riwayat lain, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,:

 

مَنْ تَوَضَّأَ فَأَحْسَنَ الْوُضُوءَ خَرَجَتْ خَطَايَاهُ مِنْ جَسَدِهِ حَتَّى تَخْرُجَ مِنْ تَحْتِ أَظْفَارِهِ

Artinya: “Barangsiapa yang membaguskan wudhu keluarlah dosa-dosanya dari jasadnya sampai keluar dari  bawah kukunya.” (HR. Muslim  no. 245).

 

Wallahu A’lam

1 Comments

  1. Lanjutkan dakwamu nak........ By Kafil k. 👍
    👍👍🙏🙏🙏🙏🙏🙏🙏

    ReplyDelete
Previous Post Next Post